15 Karakteristik Pribadi Terbaik yang Perlu Ditunjukkan di CV

  • Whatsapp
Karakteristik yang bagus, akan meningkatkan nilai resume dan surat lamaran yang kamu ajukan agar menarik perhatian perekrut. (FOTO: FREEPIK)

BANTENINSIGHT.CO.ID – Paduan dari kepribadian, perilaku, moral, etika, dan kepercayaan yang kamu miliki akan memunculkan sifat karakteristik kamu.

Karakter tersebut akan mengungkapkan siapa dan bagaimana kamu sebagai individu, termasuk bagaimana kamu bekerja dengan orang lain dan menangani tugas yang diberikan.

Mengetahui karakter diri, sangat penting untuk dapat membantu kamu dalam mengembangkan karakter yang kamu miliki.

Kamu juga dapat menggunakannya untuk membangun karir, dengan memasukkan karakteristik tersebut ke dalam resume (CV, Curriculum Vitae) ataupun surat lamaran kerja.

Karakteristik yang bagus, akan meningkatkan nilai resume dan surat lamaran yang kamu ajukan agar menarik perhatian perekrut.

Memberikan highlight karakter terbaik dan yang paling relevan dengan kamu dalam resume dan wawancara dapat membantu agar kamu dipekerjakan.

Banyak karakter yang dapat berkontribusi pada kesuksesan karier. Melansir indeed.com, berikut adalah beberapa karakteristik pribadi terbaik yang dapat membantu kamu mendapatkan pekerjaan.

1. Ambitious

Orang yang ambisius adalah seseorang yang memiliki keinginan kuat untuk mencapai kesuksesan dengan memenuhi tujuannya. Kamu mungkin telah menunjukkan ambisi ketika kamu menerapkan kerja keras dan dedikasi untuk mengatasi tantangan atau melampaui tujuan.

2. Creative

Seseorang yang kreatif dapat menggunakan imajinasinya untuk membuat atau menciptakan sesuatu. Kreativitas tidak hanya berlaku untuk peran artistik, tetapi juga dibutuhkan untuk memecahkan masalah yang sulit, menyajikan informasi dengan cara yang jelas, menarik, atau menemukan cara yang lebih baik untuk menyelesaikan tugas.

3. Compassionate (penyayang)

Orang yang berbelas kasih adalah seseorang yang dapat merasakan sekaligus mengungkapkan simpati kepada orang lain. Kamu mungkin menunjukkan belas kasih saat membantu rekan kerja mengatasi tantangan yang sulit. Belas kasih adalah sifat yang membantu dalam posisi apa pun, tetapi bisa sangat membantu dalam peran layanan pelanggan.

4. Conscientious (berhati-hati)

Seseorang yang teliti selalu berhati-hati dalam mengambil tindakan. Mereka memperhatikan dengan serius terkait tindakan apa yang benar untuk mereka lakukan dalam memenuhi kewajiban dan tanggung jawabnya. Umumnya, orang yang teliti juga memiliki tingkat disiplin diri yang lebih tinggi dan berusaha untuk menyelesaikan setiap tugas dengan kemampuan terbaiknya.

5. Courageous (berani)

Seorang karyawan yang berani adalah seseorang yang tidak tergoyahkan oleh tantangan dan kesulitan. Mereka cenderung mengambil proyek yang orang lain takuti mungkin terlalu sulit atau membutuhkan terlalu banyak pekerjaan. Mereka mungkin juga mengambil risiko yang lebih diperhitungkan di tempat kerja, yang dapat menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.

6. Flexible

Orang yang fleksibel dapat dengan cepat beradaptasi dengan perubahan dalam rencana, seperti jadwal proyek yang dipersingkat atau kebutuhan klien baru. Kemampuan untuk mengubah perilaku kamu berdasarkan perubahan di lingkungan kerja sangat penting agar berhasil dalam peran kamu di perusahaan yang menuntut bergerak cepat.

7. Honest (jujur)

Orang jujur umumnya tidak merasa nyaman berpartisipasi dalam praktik penipuan. Kejujuran sangat penting di semua posisi, terutama dalam industri yang diatur secara ketat seperti kesehatan dan keuangan.

8. Humble (rendah hati)

Orang yang rendah hati dapat melatih kerendahan hati. Mereka menghindari membual tentang prestasi yang dimiliki dan menghormati ketika mendapatkan pujian atau pengakuan. Kamu dapat menunjukkan sifat ini jika kamu adalah seorang pemimpin yang memastikan seluruh tim mendapat pujian karena telah mencapai suatu tujuan.

9. Honorable (terhormat)

Seseorang yang terhormat memiliki integritas dan bertindak sesuai dengan prinsip dan etikanya. Pegawai yang terhormat akan memastikan dirinya selalu berperilaku mencerminkan citra positif perusahaan tempat mereka bekerja.

10. Loyal (setia)

Seorang pegawai yang loyal akan selalu mendukung organisaasdi dan misi perusahaan. Seseorang yang loyal juga dapat dipercaya dengan informasi sensitif dan lebih mungkin bertahan di perusahaan dalam jangka panjang.

11. Patient (sabar)

Orang yang sabar dapat menoleransi kemunduran, penundaan, atau tantangan tak terduga tanpa menjadi cemas atau marah. Kesabaran sangat penting untuk pekerjaan yang membutuhkan waktu lama untuk melihat hasil upaya kamu, seperti saat memimpin tim marketing (pemasaran) atau kampanye.

12. Persistent (gigih, tekun)

Pegawai yang gigih akan tanpa henti bekerja dalam mengejar tujuan. Mereka terus melanjutkan pekerjaannya meskipun ada rintangan atau kesulitan yang mereka hadapi di sepanjang jalan. Kegigihan adalah sifat yang sangat baik bagi seseorang dalam sales (penjualan), jurnalisme, pelayanan publik atau hukum.

13. Resilient (tangguh)

Orang yang tangguh adalah seseorang yang dapat dengan cepat pulih dari kemunduran, stres, situasi buruk atau perubahan tak terduga. Misalnya, ketika kamu gagal mencapai suatu tujuan, tetapi kamu dengan cepat menyusun rencana untuk melampaui tujuanmu berikutnya.

14. Disciplined

Seseorang yang disiplin dapat mengatasi godaan untuk menyimpang dari jalan menuju kesuksesan, seperti menunda-nunda waktu dan meragukan diri sendiri. Karyawan yang memiliki disiplin diri, akan bekerja keras dan seringkali membutuhkan sedikit atau bahkan tanpa pengawasan.

15. Curious (ingin tahu)

Rasa ingin tahu merupakan sifat karakter penting yang dapat mendorong seseorang untuk ingin mengetahui atau mempelajari keterampilan, informasi, dan kemampuan baru tanpa diminta terlebih dahulu. Pegawai yang ingin tahu, selalu dihargai karena kemampuan mereka yang secara mandiri dalam memotivasi diri untuk belajar dan tumbuh dalam peran dan pekerjaan mereka. Rasa ingin tahu adalah sifat penting untuk banyak jenis pekerjaan, terutama pekerjaan yang terbuka, fleksibel, dan strategis.

Demikian beberapa sifat karakter positif yang dapat kamu tulis di resume. Jika kamu tidak yakin karakteristik mana yang sesuai dengan dirimu, pertimbangkanlah untuk bertanya kepada teman atau rekan tepercaya dan carilah cara untuk menerapkannya setiap hari. (***)

Pos terkait