4 Produk Perawatan Kulit Ini Tidak Seefektif yang Diiklankan

  • Whatsapp
Beberapa masker dan pencuci muka yang memiliki kandungan arang aktif dapat menyebabkan kulit kering, mengalami hiperpigmentasi, serta kembalinya jerawat yang sudah lama tidak muncul. (FOTO: FREEPIK)

BANTENINSIGHT.CO.ID – Dalam merawat kulit, kita sering kali mencoba berbagai macam produk demi menemukan apa yang paling cocok untuk kulit, berdasarkan jenis dan tekstur kulit yang kita miliki.

Meskipun banyak produk yang beredar di pasaran yang benar-benar bermanfaat, ada beberapa produk yang justru tidak memberikan hasil dan bahkan berdampak negatif pada kulit.

Bacaan Lainnya

Dokter Aarthi, seorang konsultan dermatologist, mengungkapkan empat item perawatan kulit yang banyak digembar-gemborkan, tetapi hasilnya tidak seefektif yang diiklankan.

Melansir indianexpress.com, berikut keempat produk perawatan kulit tersebut.

  1. Arang aktif

Arang aktif membantu membersihkan kulit dengan menghilangkan minyak, kotoran dan sel kulit mati dari permukaan. Arang dapat mengecilkan tampilan pori-pori untuk sementara agar kulit tampak lebih halus.

Namun, menurut dr. Aarthi kulit sebenarnya bisa menjadi lebih buruk setelah menggunakan produk arang. Beberapa masker dan pencuci muka yang memiliki kandungan arang aktif dapat menyebabkan kulit kering, mengalami hiperpigmentasi, serta kembalinya jerawat yang sudah lama tidak muncul.

  1. Acne wipes

Acne wipes dapat membuat ruam dan bahkan pustula di kulit yang dapat terlihat seperti jerawat, tetapi sebenarnya merupakan reaksi iritasi terhadap beberapa bahan kimia dalam acne wipes. Hindari acne wipes terutama ketika kamu sedang menjalani perawatan dengan bahan aktif atau laser.

  1. Scrub

Scrub dapat mengubah pH kulit dan jika berlebihan, dapat menyebabkan iritasi akut, dermatitis kontak iritan dan jerawat pustular.

  1. Tranexamic acid topikal

Tranexamic acid atau asam traneksamat biasa digunakan dalam produk skincare untuk mencerahkan kulit. Dalam bentuk oralnya, tranexamic acid bekerja sangat baik untuk pigmentasi. Namun, krim topikalnya terlalu dibesar-besarkan, dr. Arthi juga tidak melihat perbedaan besar terkait manfaat tranexamic acid baik oral maupun topikal.

Bagaimanapun keempat produk tersebut harus terlebih dulu dicoba pada kulit untuk melihat apakah produknya cocok atau justru tidak berfungsi pada kulit kita. Jika produk tersebut menyebabkan iritasi, segera konsultasikan dengan dokter kulitmu.(***)

Pos terkait