5 Gejala Kadar Gula Darah Tinggi yang Harus Diwaspadai

  • Whatsapp
Segera periksakan kadar gula darahmu, jika kamu mengalami beberapa gejala seperti berikut ini. (FOTO: FREEPIK).

BANTENINSIGHT.CO.ID – Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan diabetes.

Selain memiliki pengaruh yang dapat merusak pada banyak sistem utama tubuh, gula darah tinggi dapat memicu komplikasi jantung, ginjal, otak, dsb.

Bacaan Lainnya

Rutin memeriksakan kadar gula darah menjadi salah satu upaya untuk mengontrol kadar gula darahdalam tubuh.

Namun, kita juga harus waspada terhadap beberapa kondisi yang dapat menjadi gejala dari gula darah tinggi, yang mungkin tidak kentara.

Dilansirdari eatthis.com, berikut ini beberapa kondisi yang menjadi gejala kadar gula darah tinggi dalam tubuh.

1. Penyembuhan luka lambat

Menurut Cleveland Clinic, luka yang lambat sembuh dapat menjadi tanda bahwa gula darah kamu terlalu tinggi. Hal ini terjadi karena gula darah yang berlebihan dapat menyebabkan arteri menjadi kaku dan menyempit, sehingga mengganggu sirkulasi oksigen dan nutrisi yang diperlukan untuk menyembuhkan luka.

2. Sering terkena infeksi kulit

Mengalami infeksi kulit berulang kali mungkin juga merupakan tanda bahwa gula darah kamu terlalu tinggi. Hal ini dapat disebabkan oleh sistem kekebalan yang terganggu, yang dapat disebabkan oleh gula darah yang berlebihan.

3. Kamu mengalami sensasi ini pada kulit

Gula darah tinggi yang kronis dapat merusak saraf di seluruh tubuh. Kondisi ini disebut neuropati diabetik. Bentuknya yang paling umum adalah neuropati periferal, yang dapat mempengaruhi kaki, tungkai, tangan dan lengan.

Kamu mungkin merasa kesemutan, terbakar, mati rasa, penurunan kepekaan terhadap rasa sakit atau suhu, atau nyeri tajam atau kram di daerah yang terkena neuropati periferal ini. Para ahli mengatakan kulit kamu mungkin juga sering tampak kering atau panas, dan gejalanya mungkin bertambah buruk di malam hari.

4. Penurunan berat badan tak terduga

Orang dengan gula darah tinggi mungkin akan merasa lebih sering lapar. Itu karena gula darah tinggi sebenarnya mencegah tubuh kamu menggunakan gula (glukosa) untuk bahan bakar (energi), sehingga tubuh menuntut lebih banyak makanan.

Namun, meskipun kamu makan lebih banyak, justru kamu mengalami penurunan berat badan, karena kemungkinan tubuh mulai membakar simpanan lemak untuk energi.

5. Penglihatan kabur

Gula darah tinggi dapat menyebabkan lensa mata membengkak dan menjadi terdistorsi, yang dapat menyebabkan penglihatan kabur atau ganda. Diabetes dapat menyebabkan pembuluh darah di retina bocor, atau pembuluh darah baru yang abnormal tumbuh.

Hal ini akan menyebabkan masalah pada penglihatan dan kondisi yang disebut retinopati diabetik, yang merupakan penyebab utama kebutaan pada orang dewasa Amerika.

Demikian beberapa kondisi yang mungkin menjadi tanda kadar gula darah tinggi dalam tubuh. Jika kamu mengalami beberapa kondisi tersebut, segera periksakan kadar gula darahmu ke dokter atau kliik kesehatan terdekat. (*)

Pos terkait