5 Kebiasaan Buruk Saat Sarapan yang Dapat Memperlambat Metabolisme Tubuh

  • Whatsapp
Ilustrasi sarapan. (FOTO: FREEPIK).

BANTENINSIGHT.CO.ID – Segera setelah kamu menggigit makanan favoritmu atau meminum seteguk minuman favoritmu, tubuh akan mulai bekerja untuk mengubah zat-zat dalam miakanan dan minuman tersebut menjadi energi. Proses ini disebut metabolisme.

Metabolisme hampir selalu dibahas bersamaan dengan topik penurunan berat badan atau manajemen berat badan, tetapi dapat mulai terasa berlebihan jika kita tidak tahu bagaimana menjaga metabolisme tubuh pada tingkat yang sehat.

Bacaan Lainnya

Salah satu cara utama untuk meningkatkan metabolisme adalah dengan menjaga pola makan yang sehat.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang ini, rupanya ada beberepa kebiasaan buruk saat sarapan yang kemungkinan dapat memperlambat metabolisme tubuh yang dilansir dari eatthis.com.

1. Memulai hari dengan yang manis

Ketika Kamu makan terlalu banyak gula tambahan di pagi hari, gula darah dalam tubuh akan naik dan kemudian berhenti.

Gula, terutama dalam bentuk minuman manis, juga terbukti memperlambat metabolisme. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal for Clinical Nutrition, ditemukan bahwa peserta yang dianggap kelebihan berat badan dan mengonsumsi minuman manis dalam jumlah banyak mengalami penurunan metabolisme.

Sarapan yang sehat untuk metabolisme tubuh mencakup kombinasi berbagai nutrisi. Misalnya dengan memasukkan protein, karbohidrat, dan lemak baik, seperti telur dadar yang ditambahkan sayuran hijau dan tomat, atau memasukkan alpukat ke dalam sepotong roti gandum.

2. Melewatkan sarapan

Banyak orang berpikir melewatkan sarapan lebih baik untuk metabolisme. Padahal, menghindari sarapan dapat mengganggu ritme sirkadian tubuh (jam internal yang mengatur proses penting dan fungsi tubuh), yang diketahui berdampak negatif pada metabolisme dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Jika sulit membuat sarapan, kamu bisa makan makanan seperti telur, roti gandum, susu atau oatmeal dengan kacang-kacangan dan biji-bijian, serta selai kacang yang disajikan dengan yogurt untuk memulai harimu.

3. Sarapan dengan makanan ringan

Banyak orang selalu makan sesuatu yang ringan untuk sarapan dan menggunakan kalori-nya selama seharian. Padahal, hal tersebut sangat tidak baik untuk metabolisme tubuh.

Alih-alih makan makanan ringan di awal hari dan makan makanan berat kemudian, cobalah sarapan dengan makanan lengkap untuk memuaskan harimu.

Biasanya ketika orang memulai hari dengan sarapan tinggi serat dan kaya protein, mereka cenderung akan makan lebih sedikit di malam hari dan menghindari keinginan ngemil di malam hari.

4. Sarapan hanya dengan karbohidrat

Sama halnya dengan memulai hari dengan gula tambahan, sarapan hanya dengan karbohidrat pun dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

Tubuh membutuhkan karbohidrat untuk energi. Namun jika kamu hanya memakan karbohidrat, itu hanya akan meningkatkan gula darah yang nantinya akan turun secara tiba-tiba.

Hal ini akan membuatmu mengalami ‘kecelakaan’ energi. Di mana,  ketika gula darah turun, kamu akan mendambakan makan makanan manis yang justru akan membuat gula darah naik-turun layaknya roller coaster selama sepanjang hari.

Alih-alih hanya makan karbohidrat, lebih baik kamu menyeimbangkan sarapan dengan protein. Dibandingkan dengan karbohidrat dan lemak, protein membutuhkan waktu lama untuk terurai, sehingga protein membantu kamu kenyang lebih cepat dan tetap kenyang lebih lama setelah makan.

Selain itu, efek termal makanan tidak membakar kalori, tetapi protein dapat meningkatkan sistem pembakaran kalori sehingga protein dapat membantu meningkatkan proses metabolisme tubuh.

5. Lupa menghidrasi tubuh

Kebiasaan tidak sehat lain yang sering kita abaikan adalah lupa untuk tetap terhidrasi di pagi hari. Tubuh kita membutuhkan air untuk berfungsi pada tingkat sel. Jadi, ketika kamu mengalami dehidrasi, metabolisme tubuh menjadi lamban.

Pastikan untuk selalu menyertakan minuman, entah itu air putih, kopi, teh, atau jus, dengan sarapan yang kamu makan. Lebih baik lagi, minum segelas air di pagi hari untuk mencegah dehidrasi terjadi.

Demikian beberapa kebiasaan buruk saat sarapan yang dapat mengganggu metabolisme tubuh. (*)

Pos terkait