6 Langkah Berhenti Merokok

  • Whatsapp
Ilustrasi berhenti merokok. (FOTO: FREEPIK)

BANTENINSIGHT.CO.ID — Berhenti merokok merupakan sebuah proses yang panjang.

Meskipun sulit untuk berhenti, sebagian besar perokok dewasa sebenarnya ingin berhenti.

Bacaan Lainnya

Dikutip dari verywellhealth.com, sebuah survey pada tahun 2015 menunjukkan sebanyak 68 persen perokok dewasa ingin berhenti. Lebih dari 50 persen perokok dewasa tersebut melakukan upaya untuk berhenti pada tahun sebelumnya.

Selanjutnya pada tahun 2018, sebanyak 55,1 persen  perokok dewasa mengatakan mereka berusaha untuk berhenti pada tahun sebelumnya, tetapi kurang dari 10% perokok dewasa yang berhasil berhenti. 

Berhenti merokok menjadi sesuatu yang amat sulit akibat efek dari nikotin yang terkandung didalamnya.

Nikotin adalah zat umum yang ditemukan dalam produk tembakau yang menyebabkan kecanduan.

Buat Rencana

Memakan obat tertentu, membuat rencana praktis, dan berbicara dengan dokter atau anggota keluarga adalah beberapa cara untuk menangani kebiasaan merokok.

Sebelum mencoba berhenti merokok, kamu perlu memiliki rencana. Agar rencana kamu berhasil, kamu perlu memastikan hal-hal berikut ini ada dalam rencanamu.

– Sertakan strategi praktis yang akan membantu kamu untuk fokus dan mendorongmu untuk berhenti;

– Catat tantangan yang akan kamu hadapi, termasuk cara mengatasinya; dan

– Pastikan kamu mencapai tujuan akhir, yaitu berhenti merokok.

Langkah-langkah berikut ini akan membantumu membuat rencana berhenti praktis dengan mudah.

1. Buat list atau daftar alasan untuk berhenti

Alasan kamu sendiri untuk berhenti mungkin berbeda dengan alasan orang lain. Membuat list akan membantumu memvisualisasikan mengapa kamu ingin berhenti.

Pastikan daftar tersebut berada di tempat yang selalu kamu lihat, agar setiap kali kamu merasakan keinginan untuk merokok, kamu bisa langsung memeriksa apa saja yang memotivasimu untuk berhenti. 

2. Pilih hari berhenti

Memilih hari untuk berhenti dapat memberimu ruang untuk bersiap.
Beberapa perokok umumnya memberi waktu dua minggu sebelum mereka memutuskan benar-benar berhenti merokok. Sebelum memilih tanggal, pastikan hari itu adalah hari kamu tidak akan stres sampai-sampai kamu ingin merokok.

Ketika kamu telah memilih hari, tulis dan tempel di tempat yang sering kamu lihat untuk mengingatkanmu. Cobalah juga untuk tidak memperpanjang hari berhenti yang kamu targetkan.

3. Bersiaplah untuk ‘hari berhenti’

Beri tahu teman dekat dan keluargamu tentang keputusan kamu untuk berhenti merokok. Beri tahu mereka agar mereka dapat membantu kamu jika kamu membutuhkannya.

Buang barang-barang yang mengingatkan kamu untuk merokok, seperti rokok, korek api, asbak, dan korek api. Hal ini juga bisa membantu dalam menjaga rumah, mobil, atau kantor kamu tetap bersih sehingga kamu tidak mencium bau rokok. 

4. Berpegang teguh pada rencana

Berpegang pada rencana yang kamu buat mungkin agak sulit mengingat adanya nikotin. Namun, obat-obatan dan perubahan gaya hidup dapat membantu kamu melewati fase ini.

Kamu dapat menemukan banyak obat untuk berhenti merokok tanpa perlu resep dokter. Lebih baik jika kamu memilikinya sebelum kamu memulai perjalanan berhenti merokok.

Namun demikian, kamu tidak bisa hanya mengandalkan obat-obatan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencoba strategi lain selain melalui obat-obatan.

5. Mengelola kecanduan merokok

Gejala putus nikotin adalah mimpi buruk mantan perokok. Tetapi ada beberapa cara yang kamu dapat lakukan untuk mendorong dirimu agar tetap pada rencana yang kamu buat :

– Lihatlah alasan-alasan yang membuat kamu mempertimbangkan untuk berhenti sejak awal;

– Sibukkan dirimu dengan melakukan hal-hal positif; dan

– Bergaul dengan teman dekat dan keluarga untuk mengalihkan perhatian kamu dari merokok;

Dan jika kamu masih merasakan dorongan untuk merokok, cobalah beberapa langkah singkat ini:

– Jangan bertindak berdasarkan keinginan kamu selama sekitar lima menit, dan itu akan berlalu;

– Ambil napas dalam-dalam; dan

– Minum air.

Ada cara lain untuk mengelola kecanduan meroko, dan salah satu metodenya adalah melalui terapi penggantian nikotin. 

6. Terapi penggantian nikotin

Terapi penggantian nikotin adalah mengganti rokok dengan pengganti nikotin lainnya, seperti permen karet nikotin, atau tablet hisap.

Metode ini dilakukan dengan mengurangi gejala kecanduan dan melepaskan nikotin dalam jumlah kecil dan stabil ke dalam tubuh kamu tanpa racun lainnya. Ini dapat membantumu mengurangi keinginan dan gejala kecanduan.

Membantu Seseorang Berhenti

Jika anggota keluarga atau teman kamu membutuhkan bantuan untuk berhenti merokok, kamu dapat membantu mereka yang mencoba berhenti dengan mencoba 5R:  Relevance, Risk, Reward, Roadblock, dan Repetition.

Relevance (Relevansi) : Bantu mereka memahami bagaimana berhenti merokok akan membuat perbedaan dalam hidup mereka.

Risk (Resiko) : Minta mereka untuk berbicara tentang kemungkinan konsekuensi buruk dari merokok tembakau.

Reward (Hadiah) : Minta mereka untuk membicarakan hal-hal baik tentang berhenti merokok.

Roadblock (Penghalang Jalan) : Biarkan mereka memberi tahu kamu hambatan apa pun yang mungkin mereka hadapi.

Repetition (Pengulangan) : Cara ini harus terus menerus diulang setiap kali mereka mengunjungi dokter. Ingatkan mereka bahwa tidak apa-apa untuk gagal beberapa kali sebelum berhasil berhenti. 

Demikian beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk berhenti merokok atau membantu mereka yang mencoba untuk berhenti merokok. Semoga membantu! (*)

Pos terkait