7 Kebiasaan yang Berdampak Buruk pada Usus

  • Whatsapp
Ilustrasi orang yang mengalami sakit perut. (FOTO: FREEPIK)

BANTENINSIGHT.CO.ID — Semua makanan yang kita konsumsi dan cara kita dalam menjaga pencernaan sangat berpengaruh bagi kesehatan fisik dan mood.

Salah satu cara terbaik demi menjaga kesehatan tubuh kita adalah dengan menjaga sistem pencernaan dan menjaga usus tetap sehat.

Bacaan Lainnya

Usus yang merupakan bagian dari organ pencernaan, bertanggung jawab dalam penyerapan air dan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi.

Jutaan bakteri baik yang terkandung di usus juga membantu dalam mencerna makanan yang masuk ke dalam perut.

Nutrisi yang terserap selanjutnya akan digunakan untuk berbagai fungsi, seperti menghasilkan energi hingga keseimbangan hormon dalam tubuh.

Sistem pencernaan yang lancar akan  memperkuat sistem imunitas tubuh dan terhindar dari berbagai penyakit.

Namun, gaya hidup yang tidak sehat membuat masalah kesehatan terkait usus semakin sering terjadi.

Melansir ndtv.com, berikut tujuh kebiasaan yang berdampak buruk pada usus.

1. Kurangnya makan makanan yang mengandung prebiotik

Makanan prebiotik alami seperti pisang, apel, bawang putih, dan bawang bombay sangat penting untuk usus.

Prebiotik akan memberi makan bakteri baik di usus dan meningkatkan kesehatan usus secara optimal.

2. Konsumsi gula dalam jumlah tinggi

Makanan olahan umumnya mengandung glukosa dengan kadar yang cukup tinggi.

Mengonsumsi produk makanan dengan kandungan gula tinggi dapat membahayakan bakteri baik di usus.

Ketidakseimbangan yang ditimbulkan dapat menyebabkan konsumsi gula berlebihan hingga peradangan pada usus.

3. Kurang tidur

Siklus tidur yang tidak teratur menyebabkan masalah seperti kelelahan terus-menerus, iritasi, serta keasaman.

Tidak menjalankan siklus tidur yang sehat akan meningkatkan stres yang berdampak pada kesehatan tubuh.

4. Dehidrasi

Air penting bagi tubuh secara keseluruhan. Selain itu, kandungan air dalam tubuh manusia sekitar 60-70 persen dari berat tubuh.

Rutin meminum air dapat membantu pencernaan, memperbaiki kulit serta mengatur pergerakan usus.

5. Kurang olahraga

Berolahraga secara teratur tidak hanya baik untuk menurunkan berat badan tetapi juga meningkatkan kesehatan jantung dan sirkulasi darah dalam tubuh.

Berbagai aktivitas fisik dalam olahraga akan menggerakan organ dalam tubuh, yang juga baik untuk pencernaan.

Oleh karena itu, berolahraga sangat penting untuk tubuh yang bugar dan sehat.

6. Asupan serat yang rendah

Diet rendah serat menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang berhubungan dengan usus, seperti diare dan sembelit.

Serat penting untuk pencernaan yang baik serta menstabilkan kadar gula darah. Sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian adalah sumber serat yang kaya dan harus menjadi bagian penting dari diet rutin.

7. Konsumsi alkohol

Minum terlalu banyak alkohol secara teratur menyebabkan ketidakseimbangan dalam bakteri usus. Kondisi ini dikenal sebagai disbiosis.

Nah demikian tujuh kebiasaan yang akan berdampak buruk terhadap usus. Mulailah kebiasaan baik untuk menjalani hidup yang sehat. ***

Pos terkait