Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Drive Thru Hanya Butuh 4 Menit

  • Whatsapp

SERANG, BANTENINSIGHT.CO.ID – Pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) di wilayah Kabupaten Serang tidak hanya dapat dilakukan dengan datang langsung ke Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Cikande Tangguh.

Bacaan Lainnya

Saat ini para Wajib Pajak (WP) kendaraan bermotor sudah dapat melakukan pembayaran tanpa harus turun dari kendaraannya dengan cara melakukan pembayaran pajak satu tahunan melalui drive thru.

Pembayaran PKB melalui kendaraan pelayanan drive thru hanya membutuhkan waktu 4 hingga 6 menit dengan menyertakan syarat yang lengkap.

Kepala Samsat Cikande Tangguh Rita Pramewari mengatakan pembayaran PKB melalui drive thru merupakan salah satu inovasi dari Samsat Cikande Tangguh untuk mempermudah pelayanan PKB serta meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kalau ke induk kan di (WP PKB) harus mengantri. Kalau Drive thru kan tidak turun dari kendaraan apalagi jaman sekarang dalam kondisi pandemi inikan segala sesuatu harus dibatasi,” Katanya kepada wartawan saat dijumpai diruang kerjanya Kantor Samsat Cikande Tangguh, Selasa (16/2).

Selain itu, ia juga mengatakan jam opersional PKB drive thru diberlakukan sore hari mulai pukul 14.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB yang dimulai dari Senin hingga Sabtu, sementara untuk tanggal merah tidak ada pelayanan.

“Karena disinikan kawasan ini, mereka (Karyawan perusahaan sekitar Samsat Cikande Tangguh) kalau pulang dari pabrik kalau jam kerja susah kalau mau bayar pajak susah karena kerja. Kadang mereka harus cuti, bolos kantor dulu,” ujarnya.

Kata dia, sebelum memberikan pelayanan PKB drive thru pihaknya sudah memberikan pelayanan Samsat Keliling (Samling) yang mendapatkan animo masyarakat yang cukup tinggi.

“Pasang samling dulu didepan, ternyata animo masyarakat besar akhirnya saya buka drive thru, Samlingnya saya alihkan kepabrik,” katanya.

Ia juga mengatakan dihari kedua pasca diberlakukannya pembayaran PKB melalui drive thru sudah ada tujuh kendaraan roda empat dan tujuh kendaraan roda dua yang melakukan pembayaran PKB melalui pelayanan drive thru.

“Kita akan lihat seminggu ini peningkatanya dan kami juga akan gencar melakukan sosialisasi drive thru ini,” pungkasnya. (Fikram)

Pos terkait