Belum Penuhi Target, Vaksinasi Booster di Kota Serang Terkendala

  • Whatsapp

SERANG, BANTENINSIGHT.CO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang belum melakukan vaksinasi Covid-19 booster untuk lansia. Pasalnya Pemkot Serang belum memenuhi target vaksinasi covid-19 untuk lansia.

Bacaan Lainnya

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang mencatatkan untuk vaksinasi lansia baru mencapai 47,5 persen. Sementara target vaksinasi booster dapat dilakukan jika vaksinasi lansia sudah mencapai 60 persen.

Selain itu, syarat lainnya yang harus dipenuhi untuk dapat melakukan vaksinasi booster lansia, harus sudah vaksinasi covid-19 pertama dan kedua.

“Lansia harus mencapai 60 persen, Kita belum nyampe Lansia baru 47,5 persen kita masih kurang 12,5 persen,” Kata Kepala Dinkes Kota Serang Hasanuddin kepada wartawan usai menghadiri acara penghargaan Kapabilitas APIP Level 3 dan Dialog Manajemen Risiko Pemerintah Daerah di salah satu hotel di Kota Serang, Rabu (12/1).

Selain sudah melaksanakan vaksinasi covid-19 pertama dan kedua. Jarak dapat dilaksanakan vaksinasi booster sudah enam bulan dari vaksinasi covid-19 terakhir.

Lanjutnya, jika salah satu syarat tidak dipenuhi maka vaksin booster belum dapat dilaksanakan.

“Lansia yang sudah melaksanakan vaksinasi dosis satu dan dosis dua plus sudah enam bulan, baru kemudian diberikan vaksin booster,” katanya.

Ia juga mengatakan untuk vaksinasi anak sekolah dasar (SD) juga belum dapat dilaksanakan. Meskipun cpaian vaksinasi secara total sudah mencapai 95 persen. Akan tetapi, vaksinasi lansia mencapai 47,5 persen.

“Untuk anak SD usia 6 – 11 tahun belum bisa melaksanakan vaksinasi. Karena persyaratannya bila mana vaksinansi sudah 70 persen total (sudah melebihi target) dan bilamana vaksin lansia sudah 60 persen maka boleh dilakukan vaksinasi anak,” Tuturnya. ***

Pos terkait