Deviden BPR dan Bjb untuk Pembangunan Kabupaten Serang

  • Whatsapp

SERANG, BANTEN INSIGHT.CO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menerima deviden dari Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Serang sebesar Rp4,5 miliar dan deviden dari Bank Jawa Barat (Bjb) Banten sebesar Rp14,6 miliar periode tahun 2021/2022.

Bacaan Lainnya

Deviden itu digunakan untuk pembangunan Kabupaten Serang berdasarkan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Serang.

Asisten Daerah (ASDA II) Kabupaten Serang Ida Nuraida mengatakan deviden, pajak dan retribusi masuk kedalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang nantinya digunakan untuk pembangunan daerah yang ditetapkan melalui DPRD Kabupaten Serang.

Kata dia, APBD itu nantinya disahkan melalui peraturan daerah yang sudah melalui uji kelayakan dan musyawarah daerah.

“Contoh kongkretnya lima tahun kemaren pemerintah daerah untuk pembangunan jalan, semuanya sekarang sudah betonisasi sampai kepemimpinan bu Tatu dan pak Pandji lima tahun selesai. 600 kilometer semua jalan beton,” katanya pada acara ngobrol santai bareng mitra yang digelar oleh pokja Ekbispar Banten di Hotel Nunia, Jumat (28/10).

Untuk tahun kedua ini deviden dari kedua bank daerah itu juga akan digunakan untuk pembangunan jalan desa atau jalan Kecamatan yang ditingkatkan menjadi jalan kewenangan Kabupaten. Hal itu dilakukan agar jalan desa atau kecamatan dapat diurus Pemkab Serang melalui APBD.

“Karena desa mempunyai kewenangan sendiri tidak bisa (dibangun) melalui APBD,” ujarnya.

Selain itu, ia juga mengatakan deviden itu nantinya juga digunakan untuk meninggalkan Indek Pmebangunan Manusia (IPM) yang terdiri dari tingkat kesehatan, tingkat pendidikan dan daya beli masyarakat.

“Jadi tugas pemerintah menjamin kebutuhan basic dari seluruh warga Kabupaten Serang itu bisa dipenuhi,” pungkasnya. **

Pos terkait