DP3AKKB Provinsi Banten Sambut Baik Kongres Nasional Anak Desa 2021

  • Whatsapp

SERANG, BANTENINSIGHT.CO.ID – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) Provinsi Banten menyambut baik acara kongres nasional anak Desa 2021 yang akan diadakan oleh Suwaib Amiruddin Foundation (SAF).

Hal ini, melanjutkan rangkaian kegiatan persiapan kongres nasional anak desa 2021 yang meminta dukungan serta masukan dari berbagai lembaga, salah satunya dengan bersilaturahmi kepada DP3AKKB.

Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Perempuan dan Anak DP3AKKB Erminiwati mengatakan pihak sangat mendukung terselenggaranya kongres nasional anak desa tahun 2021 dan akan membantu sesuai dengan kemampuan.

“Dalam hal ini DP3AKKB sangat mendukung kegiatan yang akan diadakan oleh SAF ini dan akan membantu semampu kami,” ujarnya di Gedung DP3AKKB Provinsi Banten, Selasa (9/2).

Adapun isu-isu yang akan dibahas akan ditampung dan diserahkan kepada dinas terkait yang menangani hal tersebut.

“Dalam hal ini DP3AKKB hanya bisa mensosialisasikan kebutuhan, pencegahan dan pemenuhan hak anak adapun teknis dilapangan itu diserahkan pada dinas terkait yang menanganinya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Siti Ulfah Fatimah menyampaikan semua anak memiliki hak yang sama dalam berbagai hal baik dari segi pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya.

Oleh karena itu semua pihak harus berperan dalam penjaminan pemenuhan hak-hak anak tersebut.

Ulfah juga menambahkan bahwa penggalangan suara anak sebenarnya sudah dilakukan berjenjang baik itu pada tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kota, Provinsi hingga nasional melaui Musrenbang pada setiap tingkatannya.

“Selain itu juga sudah dibentuk Forum Anak meskipun belum merata hingga tingkat paling bawah yaitu tingkat desa atau kelurahan,” jelas Ulfah.

Ia pun berharap dengan diselenggarakanya kongres nasional anak desa ini dapat menjaring isu-isu lebih mendalam yang berhubungan dengan anak desa.

“Anak desa maupun kota semua memiliki hak yang sama dan semua pihak harus ikut berperan dalam menjamin pemenuhan hak anak tersebut,” kata Ulfah.

Direktur rumah buku SAF, Khaerul Anam, menjelaskan sebelum kongres nasional anak desa ini diselenggarakan telah melakukan observasi serta terjun langsung ke desa-desa untuk melihat isu yang ada di Desa dan akan dirumuskan diacara kongres.

“Sebelum acara kongres diselenggarakan kami terjun ke desa-desa untuk menjaring aspirasi dan isu-isu dengan sembari donasi buku untuk anak desa, donasi alquran untuk anak desa karena melihat di desa anak-anak masih kekurangan buku dan alquran,” ucapnya.

“Dari hasil observasi itu, isunya akan kami bawa ke kongres nasional anak desa nanti,” tambah Anam. (*/Mira/Fikram)

Pos terkait