Gedung Juang Untuk Edukasi, Ada Biografi Tokoh Komunis

  • Whatsapp
BUKU: Kumpulan buku yang ada di Gedung Juang 45 Kota Serang di Jalan Ki Mas Jong, Alun-Alun Barat, Kota Serang, Banten pasca direvitalisasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Serang, Rabu (24/2).

SERANG, BANTENINSIGHT.CO.ID – Walikota Serang Syafrudin meresmikan cagar budaya Gedung Juang 45 di Jalan Ki Mas Jong, Alun-Alun Barat, Kota Serang, Banten pasca direvitalisasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Serang, Rabu (24/2).

Bacaan Lainnya

Peresmian gedung juang ini ditujukan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dengan menyediakan berbagai fasilitas taman bermain anak, mini teater, perpustakaan umum dan wisata sejarah digital.

Menariknya, dari sajian koleksi buku di perpustakaan umum menyajikan dua buku biografi tokoh pemberontakan. Yakni, tokoh PKI Tan Malaka karya Taufik Adi Susilo dan tokoh DI TII HM. Karto Soewirjo karya Ade Firmansyah.

Walikota Serang Syafrudin mengatakan peresmian gedung juang tersebut ditujukan untuk memberikan edukasi wisata sejarah masyarakat Kota Serang.

Kata dia, meskipun sudah direvitalisasi bentuk dari gedung juang tidak mengalami perubahan sejak jaman Kabupaten Serang hingga Kota Serang.

“Kita tidak merubah bentuk keadaan gedung juang yabg sudah ada,” Katanya kepada wartawan.

“Gedung juang ini mengingatkan sejarah jaman duhulu hingga jaman sekarang,” Imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Serang Wahyu Nurjamil mengatakan gedung juang memiliki berbagai fasilitas taman bermain anak, mini teater, perpustakaan umum dan wisata sejarah digital.

Ia juga mengatakan adanya perpustakaan di Gedung Juang bertujuan untuk memperkenalkan perpustakaan serta memberikan tempat untuk para pustakawan.

“Kita kombine (Kombinasi) ini, ada wisatanya ada perpustakaannya,” Katanya. (Fikram)

Pos terkait