Jumlah ASN Kelurahan Minim, ASN Rangkap Rangkap Tugas

  • Whatsapp
Foto: Istimewa

SERANG, BANTENINSIGHT.CO.ID – Julam Aparatur Sipil Negara (ASN) kelurahan di Kota Serang masih minim. Hal itu mengakibatkan beberapa ASN yang bertugas di Kelurahan terpaksa harus merangkap tugas untuk menjalankan strutural di Kelurahan.

Bacaan Lainnya

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Serang Ritadi mengatakan ideal dalam satu kelurahan paling tidak ada Lima ASN. Akan tetapi untuk saat ini kelurahan yang ada di Kota Serang hanya memiliki tiga ASN.

“Minimal ada lurah, seketaris lurah sama satu kasi,” ujarnya kepada wartawan saat ditemui diruang kerjanya Kamis (15/4).

Kata dia, jika jabatan struktural terus dalam keadaan kosong maka pelaksanaan fungsinya tidak maksimal. Oleh karena itu sangat penting untuk dipenuhi kekurangan tersebut.

“Karena ini kan sudah ada tupoksinya, maka semua harus diisi strukturnya oleh masing-masing ASN. Kalau yang kosong biasanya diisi sama ASN yang lain,” katanya.

Lanjutnya, untuk menyelesaikan permasalahan tersebut pihaknya sudah meakukan berbagai upaya untuk memenuhi kekurangan ASN di Kelurahan. Salah satu caranya dengan mengalih fungsi status ASN seperti aslih status dari guru dan Kesehatan.

Kata dia, paling tidak Kota Serang memiliki 6 ribu ASN. Akan tetapi Kota Serang baru memiliki 4 ribu ASN berarti Kota Serang kekurangan 2 ribu ASN lagi.

“Setiap tahunnya memang kami melakukan rekrutmen PNS, hanya saja kan yang mengatur kuotanya Kemenpan RB. Tahun lalu kami mendapatkan kuota 215, tahun ini kami masih menunggu,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Cibendung Huzaeni mengatakan bahwa kelurahan yang dipimpinnya saat ini masih kekurangan ASN. Hal itu dikarenakan di Kelurahan Cibendung hanya ada ia sebagai lurah dan satu orang kasi.

Meskipun kekurangan ASN ia Bersama kasinya masih tetap melaksanakan tugas sebagai pelayan masyarakat.

“Karena sampai saat ini pun kami masih tetap bisa melakukan pelayanan kepada masyarakat. Sambil menunggu penambahan ASN dari pusat,” ujarnya. (Fikram)

Pos terkait