Ketua IAKMI Banten Baru Diharapkan Tunjukkan Eksistensi

  • Whatsapp

SERANG, BANTENINSIGHT.CO.ID – Rektor Universitas Faletehan (UF) Andiko Nugraha Kusuma resmi menjadi Ketua Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Provinsi Banten periode 2021-2024.

Ketua Panitia Pelaksana Mukhlasin mengatakan pelantikan ketua IAKMI Banten yang baru tersebut dilakukan langsung oleh Ketua Umum Pengurus Pusat IAKMI Ade Surya Darmawan di Auditorium Gedung C Universitas Faletehan, Kamis (18/3) secara luring dan daring dengan menerapkan protokol Kesehatan.

Kata dia, dengan dipimpinnya IAKMI Banten oleh Andiko Nugraha Kusuma dapat lebih menunjukan eksistensi IAKMI Banten lebih dari saat ini.

“Semoga dikepimpinan yang baru, keanggotaan yang baru menjadi semangat baru bagi IAKMI Banten,” katanya.

Ia juga mengatakan sebelum dilantiknya Andiko Nugraha Kusuma menjadi Ketua IAKMI Banten. Pihaknya sudah melakukan Musda terlebih dahulu.

Selain itu, ia juga menyampaikan kegiatan tersebut juga dibarengi dengan webinar mengenai kesehatan masyarakat.

“Pelantikan ini disaksikan oleh seluruh anggota IAKMI secara nasional, sebab dirangkaikan dengan kegiatan webinar yang diisi oleh Ketua PP IAKMI, Dewan Pakar IAKMI dan narasumber berkompeten lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum PP IAKMI, Ede Surya Darmawan, berpesan kepada Ketua terpilih IAKMI Banten untuk bisa solid dalam menjalankan roda organisasi.

“Kami mempunyai dua pesan untuk IAKMI Banten, yang pertama sebagai organisasi profesi di bidang kesehatan masyarakat itu harus mampu mengembangkan sains baik secara teoritikal maupun praktis yang kemanfaatannya untuk pembangunan kesehatan masyarakat,” ujarnya.

“Pesan kedua, karena Banten termasuk provinsi yang tertinggal (segi kesehatan) IAKMI Banten harus segera melakukan percepatan, yaitu dengan mereviu persoalan kesehatan yang ada (red-mencari gap), kemudian cari jalan keluarnya dengan memetakan secara bersama, baik dengan masyarakat itu sendiri, yang meliputi tokoh agama, pengusaha, dan yang lainnya.

Dengan dua itu berjalan, program lain pun akan berjalan dengan sendirinya,” jelasnya.

Lebih lanjut, PP IAKMI mengucapkan selamat kepada Andiko Nugraha Kusuma yang terpilih menjadi Ketua IAKMI Banten 2021-2024.

“Untuk ketua dan pengurus baru, selamat bekerja, kiprahnya sangat ditunggu masyarakat Indonesia yang ada di Banten,” tukasnya.

Menanggapi pesan dari Ketum PP IAKMI, ketua terpilih, Andiko mengaku siap menjalankan roda organisasi profesi ini.

“Pengurus daerah (red-IAKMI Banten) tentunya akan mendukung rencana program dari pusat untuk diimplementasikan ke daerah. Selain itu juga kami akan menghimpun permasalahan yang ada di daerah untuk dirujuk ke pusat guna mendapat solusi bersama,” ujarnya.

Selanjutnya, ia bersama IAKMI Banten, dalam waktu dekat ini berencana menjembatani para lulusan Kesehatan Masyarakat (Kesmas) untuk mendapat Surat Tanda Registrasi (STR).

“Saat ini pemerintah sedang masif dengan kebijakan Nusantara Sehat yang melibatkan keprofesian Kesmas. Namun dalam menjalankan program itu kami (red-Kesmas) terhambat karena tidak ada STR. Maka dari itu kami menjembatani dan mendorong pemerintah untuk bisa mempermudah pembuatan STR, agar kesinergisan antara Kesmas dan pemerintah bisa berjalan,” tutupnya. (Fikram)

Pos terkait