Logo HUT Kota Serang Mirip Logo HUT Kabupaten Pandeglang, Ini Penjelasan Diskominfo

  • Whatsapp

SERANG, BANTENINSIGHT.CO.ID – Logo peringatan hari ulang tahun (HUT) Kota Serang ke 14 memiliki kemiripan dengan logo HUT Kabupaten Pandeglang ke 143 dan 144. Kemeiripan logo tersebut terdapat pada angka empat dan warna merah pada logo tersebut jika dilihat sekilas.

Kemiripan tersebut terungkap ketika salah satu akun media sosial Instagram yang menggungah kedua logo secara bergandengan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Serang W Hari Pamungkas kedua logo tersebut memang terlihat mirip secara kasat mata. Akantetapi ada beberapa tarikan dan warna yang berbeda antara logo HUT Kota Serang dengan logo HUT Kabupaten Pandeglang.

“Kami sudah cek dan kroscek, baik di google yandex maupun google image, dan itu tidak ada yang sama. Semuanya sudah kami cek, dan kami buktikan,” katanya saat ditemui di Kantor Diskominfo Kota Serang, Selasa (3/8).

Lanjutnya, pihaknya sudah melombakan logo HUT Kota Serang tersebut dengan tujuan agar masyarakat Kota Serang berkonstribusi dalam pelaksanaan HUT Kota Serang. Kata dia, dalam perlombaan tersebut juri membuktikan jika logo HUT Kota Serang ke 14 tersebut menjadi pemenang dalam perlombaan tersebut.

“Syarat utama peserta itu harus memiliki KTP Kota Serang, dan warga Kota Serang. Tujuan kami melombakan itu, agar seluruh masyarakat ikut berkontribusi,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga telah meminta para peserta lomba untuk memberikan surat pernyataan bahwa logo tersebut bukan plagiat.

”Sudah ada pernyataannya,” katanya.

Ia juga mengatakan logo HUT Kota Serang ke 14 itu sama sekali tidak memiliki kemiripan dengan logo HUT Kabupaten Pandeglang. Hal itu dikarenakan secara filosofi dan tarikan logo baik angka satu maupun angka empat berbeda dengan logo milik Kabupaten Pandeglang.

Perlombaan yang dilaksanakan tahun 2021 itu dilakukan dimedia sosial Kominfo Kota Serang dengan hadiah sebesar Rp2 juta rupiah.

Ada empat indikator penilaian yang dilakukan oleh juri, yakni keaslian produk dari logo, relevansi logo dengan kearifan lokal, kreativitas dan estetika, serta makna atau filosofis dari logo.

Lanjutnya, Pemkot Serang tidak akan merubah hasil perlombaan tersebut dan tetap akan menggunakan logo tersebut pada HUT Kota Serang ke 14.

 “Karena tidak terbukti, dan tidak ada hak cipta, maka kami akan tetap menggunakan logo tersebut,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu Juri Perlombaan Logo HUT Kota Serang Gunawan mengatakan pihaknya telah melakukan pengecekan terhadap logo yang memenangkan perlombaan tersebut di Google Image dan Google Yandex.

“Pengecekan kepada 26 peserta yang mengikuti lomba tersebut,” ujarnya.

Lanjutnya, berdasarkan hasil penilaian sebanyak lima orang peserta masuk tiga besar yang salah satu logonya mirip dengan logo HUT Kabupaten Pandeglang.

“Kami lihat diorisinalitasnya, dengan google lens, tidak ada kemiripan, maka kami pun memutuskan untuk memilih tiga peserta tersebut,” katanya.

Kata dia, logo yang telah memenangkan perlombaan tersebut sudah melalui tahapan penilaian terutama pada angka satu, tidak ada hak cipta dan tingkat kemiripannya pun tipis. Selanjutnya pada angka empat juga tidak memiliki kemiripan dengan logo HUT Kabupaten Pandeglang.

“Tidak kelihatan sama sekali tidak ada yang sama. Mungkin secara konsep memang ada kemiripan, tapi tidak ada yang sama persis,” ujarnya.

Alasan tim juri dan panitia memenangkan peserta tersebut, dikatakan dia, berdasarkan penilaian dari makna dan filosofisnya.

“Maka dari dasar penilaian itulah, dan proses penilaian pun cukup panjang. Tapi kami memutuskan peserta itu yang menang,” ujarnya. (Fikram)

Pos terkait