Mahasiswa Program Doktor Untirta Ngajar di SMPN 1 Panimbang

  • Whatsapp

SERANG, BANTENINSIGHT.CO.ID – Puluhan mahasiswa dari Program Doktor Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mengajar di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Selasa (15/6).

Bacaan Lainnya

Akan tetapi yang menjadi murid bukan siswa SMPN1, melainkan para guru SMPN 1 dengan tujuan untuk meningkatkan literasi digital atau melek teknologi guru khususnya guru SMP di Kabupaten Pandeglang agar guru menjadi profesional dan kompeten. Kegiatan tersebut merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Koordinator Program Doktor Pendidikan Untirta, Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat mengatakan kehadiran mahasiswa program doktor juga disambut baik oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Pandeglang, Taufik Hidayat.

“Ini adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh seluruh mahasiswa doktor Pendidikan angkatan I,” katanya.

Menurutnya, tidak menguasai teknologi informasi juga termasuk juga termasuk kedalam buta aksara sama halnya dengan tidak bisa membaca dan menulis. Oleh karena itu, para guru harus menguasai ilmu komputer, digital dan teknologi lainnya.

“Guru harus menguasai ilmu komputer, digital dan lain sebagainya. Kemudian guru juga harus bias mengoprasikannya,” ujarnya.

Lanjutnya, semakin tinggi tingkat pendidikan maka akan semakin cerdas dalam mengontrol diri, ditambah dengan terus menerapkan pola hidup yang sehat. Tentunya dengan semakin tinggi tingkat pendidikan, maka juga akan memberikan nilai yang lebih bagi peserta didik.

“Kemudian juga pola hidup yang sehat harus terus dilakukan misalnya melakukan olahraga dengan fasilitas dan peralatan yang sudah tersedia di rumahnya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dindikbud Kabupaten Pandeglang Taufik Hidayat mengatakan literasi digital sangatlah penting untuk mendorong peningkatan pendidikan karakter peserta didik.

“Saya ucapkan terima kasih kepada mahasiswa program doktor yang telah memberikan ilmunya kepada peserta yakni guru-guru SMP yang ada khususnya di rayon lima dan enam Pandeglang,” tuturnya.

Lanjutnya, Kabupaten Pandeglang memiliki potensi dalam bidang pertanian. Kendati demikian dengan peningkatan kualitas pendidikan dapat mendorong daerah ini untuk bisa berkembang di bidang industri.

“Harapan seperti di daerah Subang dan Karawang,” terangnya.

Salah satu dari 23 mahasiswa Program Doktor Pendidikan Untirta, konsentrasi Teknologi Pendidikan dan Manajemen Pendidikan, yang adalah juga merupakan Walikota Serang, Syafrudin mengatakan dirinya bersama mahasiswa lainnya akan terus berupaya untuk mengembangkan kompetensi diri meskipun memiliki kesibukan yang berbeda-beda.

“Ini adalah perjuangan kita bersama dalam meningkatkan kompetensi dalam bidang pendidikan. Mudah-mudahan kita diberikan kesehatan, untuk dapat menyelesaikan disertasi dan memperoleh gelar doktor,” tuturnya. (Fikram)

Pos terkait