Manfaat Biji Karom untuk Kelancaran Sistem Pencernaan

  • Whatsapp
Biji karom atau ajwain. (FOTO: PIXABAY)

BANTENINSIGHT.CO.ID — Biji karom atau ajwain menjadi bahan rempah yang umum digunakan untuk membumbui dan menambahkan rasa pada masakan india. Biji ini juga dapat digunakan untuk mengatasi kesehatan usus, keasaman paa lambung, dan gangguan pencernaan.

Biji karom kaya akan serat, mineral dan vitamin yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut dan kulit.

Bacaan Lainnya

Di dalam biji karom terdapat bahan aktif timol yang sangat bagus bagi kesehatan pencernaan karena membantu menghasilkan lebih banyak enzim pencernaan untuk memecah makanan.

Melansir indianexpress.com, beberapa orang bahkan mengunyah biji karom setelah makan. Bijinya dapat dikonsumsi dengan memasak atau memanggangnya, dan juga penambahan biji jintan dan biji adas ke dalamnya dapat merangsang sistem pencernaan bekerja lebih baik.

Lantas mengapa sistem pencernaan dalam tubuh dapat terganggu?

  • Makan berlebihan
    Makan berlebihan menjadi salah satu penyebab gangguan pencernaan . Makan dalam jumlah besar dapat menghambat sistem pencernaan dan mengakibatkan gangguan pencernaan.
  • Makan tidak seimbang
    Sering kali, sadar atau tidak, kita sering mengonsumsi makanan tidak seimbang, seperti terlalu banyak karbohidrat, sangat sedikit protein, terlalu banyak serat, terlalu banyak protein , atau lebih sedikit lemak. Tapi, Mengonsumsi makanan seimbang itu penting, karena ketika kita membebani sistem pencernaan, sistem harus bekerja lebih banyak untuk memecah makanan.
  • Makan di bawah tekanan
    Setiap kali kamu stres, sebaiknya jangan makan. Tubuh tidak dirancang untuk memecah dan mencerna makanan saat stres. Saat stress, ada baiknya tenangkan diri terlebih dulu, ambil napas dalam-dalam, jauhkan semua gangguan, lalu makanlah dengan tenang agar pencernaan membaik. Selain itu, makan terlalu pedas atau menjaga jarak antara waktu makan juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Berikut cara menggunakan biji karom pada beberapa masalah pencernaan.

1. Asam lambung
Meminum antasida bukanlah ide yang baik untuk menghilangkan asam lambung, karena pada kenyataannya, dapat menyebabkan rendahnya asam lambung rendah yang pada gilirannya dapat menciptakan banyak masalah kesehatan dan infeksi bakteri.

Biji karom dapat membantu mengatasi keasaman. Kamu hanya perlu merebus biji karom dan meminum air rebusannya untuk membantu dengan keasaman dan pencernaan. Namun, jangan lupa untuk mengatasi akar penyebab keasaman.

2. Morning sickness saat hamil
Wanita mengalami mual, morning sickness dan masalah pencernaan selama kehamilan. Dalam situasi seperti itu, biji karom dapat memberikan kenyamanan paa perut yang mual. Ambil satu sendok teh biji karom, rebus dalam 3 gelas air hingga berkurang menjadi setengahnya, dan minum perlahan.

3. Cacing dan parasit
Banyak dari kita memiliki cacing dan parasit di usus yang menghilangkan nutrisi dan menghalangi penyerapan nutrisi dalam tubuh. Hal ini lebih lanjut dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan termasuk gangguan pencernaan, kembung, infeksi bakteri dan jamur.

Biji karom sudah lama digunakan dan bahkan kini Kementerian Ayush (kementerian di bidang pengobatan alternatiff) di India telah mengakui biji karom sebagai obat cacing alami.

Campur setengah sendok teh biji karom dan jaggery (gula merah india), lalu kunyah. Sebagai alternative lain, kamu dapat menyiapkan teh dengan merebus biji karom dengan kayu manis dan tambahkan sedikit madu mentah (opsional) dan jaggery.

Teh karom dapat diminum pada saat makan atau dengan perut kosong. Selain itu, biji karom juga dikenal untuk mengurangi nyeri arthritis karena sifat anti-inflamasi di alam.

4. Menenangkan bayi kolik
Biji karom dapat digunakan untuk mengatasi kolik pada bayi akibat pencernaan yang kurang lancar. Panaskan biji karom dan buat pasta dalam ghee (minyak samin) atau minyak jarak dan oleskan pada area pusar bayi. Minyak ini juga dapat digunakan untuk orang dewasa dan lanjut usia.(***)

Pos terkait