Pemkab Serang Kejar Peningkatan Nilai Indeks SPBE 2022

  • Whatsapp
Jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Serang saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sumedang pada Jumat (1/7/2022). (FOTO: HUMAS PEMKAB SERANG)

SERANG, BANTENINSIGHT.CO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang terus berupaya dalam mengejar peningkatan nilai Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Yang bertujuan, untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

Salah satu upaya yang dilakukan, jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Serang melakukan kunjungan kerja (kunker) ke daerah yang penilaian Indeks SPBE meraih Predikat Sangat Baik dengan Indeks 3,81 yakni Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat (Jabar) pada Tahun 2021 lalu.

Bacaan Lainnya

Sedangkan, untuk Pemkab Serang pada Tahun 2021 meraih nilai SPBE Predikat Baik dengan Indeks 2,64, dengan target mengalami peningkatan nilai SPBE Predikat Sangat Baik dengan Indeks 3,50.

Mengingat, pada pertengahan Juli 2022 ini pun akan kembali dilaksanakan pemantauan dan evaluasi SPBE secara nasional oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB).

“Dalam rangka pemenuhan dan peningkatan SPBE Indeks di Kabupaten Serang perlu adanya upaya – upaya yang lebih konkret dan berkesinambungan,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi Informasi Publik (KIP) pada Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Kabupaten Serang, Ari Arumansyah dalam keterangan tertulis pada Senin (4/7/2022).

Oleh karena itu, jelas Ari, tujuan dari kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Sumedang pada Jum’at (1/7/2022)  lalu tidak lain dan tidak bukan ingin melakukan transfer knowledge dan pengalaman, serta kiat – kiat dalam penyelenggaraan sistem pemerintahan berbasis elektronik yang efisien, efektif, akuntabel dan transparan.

“Banyak hal yang ingin kami gali dan peroleh dari kegiatan kunjungan kerja ke Kabupaten Sumedang ini, semoga bapak dan ibu yang berkompeten dalam penyelenggaraan SPBE berkenan membagikan ilmu pengetahuan serta pengalamannya,”tuturnya.

Ari menjelaskan guna mewujudkan peningkatan SPBE, perlu adanya strategi perencanaan investasi Teknologi Informasi yang dapat dilakukan selaras dan terintegrasi dengan visi, misi, tujuan dan strategi Pemkab Serang.

“Sudah barang tentu pada era digitalisasi ini, dituntut untuk bisa berakselerasi dan berkolaborasi terhadap perkembangan teknologi informasi global agar tidak ketinggalan dengan Negara-negara lain,”’ tuturnya.

“Begitu pula dengan layanan publik yang semakin kompleks harus ditunjang oleh aplikasi atau layanan yang sustainable, yang dapat memudahkan dan memaksimalkan dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat, terutamanya dalam pelayanan kesehatan dan pendidikan,” sambung Ari.

Pada kunker tersebut juga hadir Pejabat Fungsional Pranata Muda Komputer Bidang Telematika, Ekky Agushari Sumitra dan Edy Siswanto, Pranata Muda Komputer Bidang KIP, Sugarda Bayu Aji, dan perwakilan Bagian Hukum, Bagian Tata Pemerintahan, Bagian Organisasi, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

Kepala Bidang (Kabid) Telematika Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosanditik) Kabupaten Sumedang, Arief Syamsudin menyambut baik atas kedatangan jajaran Pemkab Serang.

Arief Syamsudin mengatakan, perlunya adanya keseriusan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam hal ini Kepala dan Wakil Daerah guna menunjang keinginan dalam implementasi peningkatan pelayanan SPBE. Dirinya pun memberikan tips salah satu kunci yakni harus terintegrasi antara OPD terkait.

“Perlu adanya keseriusan tehadap pemangku kebijakan pemerintah daerah. Begitu juga kata kuncinya adalah terintegrasi antara OPD terkait,”ujarnya.

Usai dialog, jajaran Pemkab Serang di perlihatkan fasilitas Command Center Sumedang di Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang dan dilanjutkan dengan pemberian plakat dan sesi foto bersama. (*)

Pos terkait