Pemkot Serang Akan Suntik Modal Rp5 Miliar untuk Perumdam Tirta Madani

  • Whatsapp

SERANG, BANTENINSIGHT.CO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang akan menyuntikkan anggaran sebesar Rp5 miliar untuk Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Madani.

Bacaan Lainnya

Penyertaan modal tersebut merupakan tindak lanjut dari Perda No 8 tahun 2021 tentang Permdam

“Sekarang dalam rangka penyertaan modal ini kami mengusulkan penyertaan modal kurang lebih Rp100 Miliar,” kata Walikota Serang Syafrudin usai rapat Paripurna penyampaian Raperda tentang penyertaan modal pemerintah Kota Serang pada Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Madani di Gedung DPRD Kota Serang, Senin (13/9).

Lanjutnya, realisasi penyertaan modal sebesar Rp5 miliar tersebut akan berlangsung selama dua tahun. Dalam dua tahun pertama bantuan dapat diberikan berupa barang atau uang dengan besaran Rp5 miliar.

“Bisa Rp5 miliar bisa juga Rp2,5 miliar (Dua tahap),” katanya.

Lanjutnya, setelah dua tahun akan diatur sesuai dengan kemampuan Pemkot Serang hingga mencapai jumlah Rp100 miliar.

Dengan adanya penyertaan modal terhadap Perumdam tersebut akan ada kemungkinan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Serang mengalami peningkatan.

“Karena dengan permodalan ini akan bisa mengembangkan penyediaan air bersih untuk masyarakat,” ujarnya.

Kata dia, penyertaan modal tidak hanya diberikan dalam bentuk uang melainkan juga dalam bentuk asset seperti kantor dan lain  sebagainya.

“Rp5 miliar diluar asset kemudian asset nanti akan kita hitung,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kota Serang Ratu Ria Maryana mengatakan penyertaan modal untuk Prumdam Tirta Madani tersebut bermanfaat bagi masyarakat Kota Serang.

“Selain itu penyertaan modal kepada pihak tirta madhani nantikan ada inpek retribusi untuk pemerintah daerah juga akan meningkatkan PAD kedepan mungkin,” ujarnya.

Kata dia, meskipun saat ini pernyertaan modal yang diberikan tinggi tentunya ada inpek untuk masyarakat Kota Serang dan PAD Kota Serang. (Fikram)

Pos terkait