Pemudik Asal Palembang Dikhawatirkan Membawa Varian Baru Covid-19

  • Whatsapp

CILEGON, BANTENINSIGHT.CO.ID – Pemudik asal Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) dikhawatirkan membawa varian baru Covid-19 ke Provinsi Banten. Ha itu menjadikan pemudik asal Palembang wajib melakukan tes swab antibody dan wajib negatif covid-19.

Bacaan Lainnya

Kekhawatiran tersebut dikarenakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menemukan banyaknya varian virus covid-19 yang baru dari Palembang.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan mutasi covid-19 banyak ditemukan di Sumsel salah satunya Palembang.

“Sehingga bapak ibu menjaga orang yang balik lagi dari sumatera yang masuk sini, itu kalau bisa di swab antigen, supaya kita bisa tahu,” katanya di Dermaga Eksekutif Merak, Kota Cilegon, Minggu (9/5).

Ia juga mengatakan kapasitas ruang perawatan dan ICU covid-19 di Rumah Sakit Banten kini hanya terisi dibawah 30 persen. Kata dia, hal itu menunjukkan bahwa kinerja Satgas Covid-19 Provinsi Banten mampu menekan penularan Covid-19.

“Alhamdulillah RS di Banten sekarang turun, (terisi) 30 persenan, rendah sekali, ICU nya 30 persenan, yang lainnya dibawah 30 persenan,” ujarnya.

Kendati demikian ia juga mengingatkan pentingnya menggunakan masker. Hal itu dikarenakan dalam perjalanannya ia masih menemukan banyaknya masyarkat yang tidak mengenakan masker.

Oleh karena itu, kata dia, perlu mempersempit pergerakan masyarakat jelang dan sesudah Idul Fitri sangat penting menekan kasus aktif dan penularan Covid-19 di Indonesia.

“Tadi saya pas jalan diluar, intip-intip masih banyak yang tidak masker dalam perjalanan,” pungkasnya. (Fikram)

Pos terkait