Peralihan IMB ke PBG Lambat, Pengembang Perumahan Menjerit

  • Whatsapp

SERANG, BANTENINSIGHT.CO.ID – Penghapusan status Izin Mendirikan Bangunan (IMB) menjadi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) untuk menyederhanakan perizinan pembangunan.

Akan tetapi lambatnya peralihan peraturan tersebut didaerah menjadi penghambat bagi para pengembang perumahan untuk mendapatkan izin membangun. Kondisi itu sudah berlangsung sejak 2 Agustus 2021.

Ketua DPD Realestate Indonesia (REI) Banten Roni Hadiriyanto Adali mengatakan pemerintah harus memberikan solusi atas keterlambatan peralihan IMB ke PBG.

“Harus ada solusi, sekarang pengembang mau ngembangin enggak bisa mau ngurus izin enggak bisa, mau membangun enggak bisa,” Katanya saat ditemui di Hotel Ultima Ratu Serang, Kamis (30/9).

Ia juga mengatakan dengan kondisi tersebut pemerintah daerah juga mengalami kebingunan. Hal itu dikarenakan pemerintah daerah juga tidak mendapatkan retribusi dari IMB.

Dengan kondisi demikian pihaknya sudah menghubungi pihak kementrian untuk menyampaikan terhambatnya peralihan IMB ke PBG didaerah.

“Ini mandek loh, banyak pengembang yang berhenti enggak bisa bangun, enggak bisa akad kredit,” Tuturnya.

Ia juga mengatakan pihaknya akan meminta adanya relaksasi berupa surat edaran dari mendagri.

“Supaya ini berjalan ada diskreksi atau kebijakan dari daerah, itu sedang diusahakan mudah-mudahan bisa keluar secepatnya,” Ujarnya. (Fikram)

Pos terkait