Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19

  • Whatsapp
Foto: Farha Fachriyatul Azizah for Banteninsight.co.id

SERANG, BANTENINSIGHT.CO.ID – Pandemi Covid-19 menyebabkan segala aktivitas harus dilakukan dari rumah, termasuk pada bidang pendidikan. Peran orang tua menjadi bertambah dalam pendidikan anak, khususnya dalam mendorong dan memberikan motivasi untuk giat belajar.

Pelaksanaan pembelajaran tanpa tatap muka dengan memanfaatkan teknologi media daring atau online. Sistem kegiatan belajar daring menggunakan fasilitas internet, seperti WhatsApp, Google Meet, Google Form dan jenis lainnya.

Belajar Dari Rumah (BDR) sesuai keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terkait Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, dan Surat Edaran Mendikbud Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan penyebaran (Covid-19). Kebijakan ini memaksa guru dan murid untuk tetap bekerja dan belajar dari rumah (kemdikbud.go.id, 2020).

Peran orang tua dalam mendampingi kesuksesan anak selama belajar di rumah menjadi sangat penting. WHO (2020) telah merilis berbagai panduan bagi orang tua dalam mendampingi anaknya selama pandemi ini, yang meliputi tips pengasuhan agar lebih positif dan konstuktif dalam mendampingi anak selama beraktivitas di rumah.

Orang tua pada awalnya berperan dalam membimbing sikap serta keterampilan yang mendasar (Nurlaeni & Juniarti, 2017, Jurnal Pelita PAUD), namun perannya menjadi luas yaitu sebagai pendamping pendidikan akademik. Peran orang tua yang muncul selama pandemi Covid-19 adalah sebagai pembimbing, pendidik, penjaga, dan pengembang anak.

Pandemi Covid-19 menuntut peran orang tua untuk aktif secara maksimal dalam pembelajaran anak. Peran orang tua dalam membantu anak belajar dari rumah di antaranya memastikan anak belajar daring dengan aman. Beri semangat anak untuk belajar secara daring, dan aktif berhubungan dengan guru di sekolah.

Kini teknologi berkembang cepat. Orang tua juga harus memperhatikan akses yang dilakukan anak terhadap internet. Karena tak bisa dipungkiri perkembangan teknologi saat ini selain berdampak positif juga negatif terhadap perkembangan anak.

Dalam pembelajaran daring, anak cenderung mudah bosan dan kehilangan semangat belajar. Untuk itu, orang tua orang tua berusaha menciptakan suasana nyaman saat anak mengikuti belajar dari rumah. Berikan ruang kepada anak untuk dapat fokus seperti mematikan televisi atau lainnya.

Berikut peran orang tua yang tercermin selama masa pandemi Covid-19:

  1. Mendampingi anak dalam mengerjakan tugas sekolah. Peran orang tua selama masa belajar dari rumah ini lebih pada membantu mengerjakan tugas yang diberikan guru di sekolah kepada siswa.
  2. Melakukan kegiatan bersama selama di rumah. Momen ini memberikan kesempatan bagi orang tua dan anak untuk mempererat ikatan (bonding) satu dengan lain. Sejalan dengan hal ini UNICEF (2020) mengungkapkan terdapat beberapa cara agar para orang tua dapat membantu proses pengasuhan di masa pandemi ini. Salah satunya membuat waktu yang berkualitas bersama anak.
  3. Menciptakan lingkungan yang nyaman untuk anak. Membuat suasana belajar yang menyenangkan selama di rumah, menumbuhkan budi pekerti, dan prestasi. Penting dilakukan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak dan mempererat hubungan antara orang tua dan anak, serta memberikan dorongan agar anak percaya diri.
  4. Menjalin komunikasi yang intens dengan anak. Menurut Murtiningsih (2013) komunikasi orang tua dan anak menjadi hal penting. Karena dengan begitu akan mempererat hubungan orang tua dan anak. Melalui komunikasi, orangtua akan dapat mengetahui keinginan anak serta orang tua dapat menyampaikan yang diinginkan atau harapan serta dukungan kepada anak. (pm1/lis

PENULIS :

Nama            : Farha Fachriyatul Azizah

Mahasiswi     : Jurusan PIAUD

Fakultas        : Tarbiyah dan Keguruan

Kampus         : Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Pos terkait