Peringatan Hari Air Sedunia, Kaukus LH Serang Gerakkan Penghijauan Gunung Gede

  • Whatsapp

SERANG, BANTENINSIGHT.CO.ID – Kaukus Lingkungan Hidup Serang Raya melakukan kegiatan penghijauan Gunung Gede Sumuranja dengan tema “Hijaukan Kembali, Untuk Generasi Masa Depan Bumi Kita”. Kegiatan tersebut dilaksankan dalam rangka memperingati hari air sedunia, Senin (22/3).

Dalam kegiatan ini turut pula hadir DLHK Kab Serang, BPBD Kab Serang, Kecamatan Pulo Ampel, Desa Sumuranja, Karang Taruna Ds Sumuranja, Tbm Hahalaen, PKW MAPALA Serang dan para tamu undangan lainnya.

Ketua Kaukus LH Serang Raya Anton Susilo mengatakan kegiatan tersebut nantinya akan diisi dengan penanaman sejumlah bibit pohon yang sudah dipersiapkan sebelumnya dan lokasi penanamannya berada di Gunung Gede.

Dalam kegiatan tersebut sebanyak 125 pohon produktif yang ditanam dengan jenis yang berbeda dimulai dari pohon manga, duren, kelengkeng dan jambu air madu.

“125 pohon produktif mangga, duren, kelengkeng dab jambu air madu,” katanya kepada banteninsight.co.id.

Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah selain untuk penghijauan atau reboisasi agar lingkungan menjadi lebih segar dan mengajak kepada semua pihak agar lebih peduli pada lingkungan untuk generasi masa depan bumi.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Serang Sri Budi Prihasto mengatakan dalam momen hari air sedunia ini, pohon merupakan bagian penting karena dapat menyimpan sumber air untuk kebutuhan masyarakat sekitar.

Kata dia, selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar air juga dapat memenuhi kebutuhan banyak pihak.

“Untuk kebutuhan banyak pihak sehingga semua unsur yang ada di Pulo Ampel diharapkan bisa terlibat dan mensupport agar berkesinambungan terutama industri yang ada disekitar Pulo Ampel,” katanya.

Lanjutnya, mengingat hari ini pemanasan global sudah cukup masif sehingga kualitas udara menjadi tercemar dan air menjadi berkurang, maka dari itu penanaman bibit pohon ini diharapkan bisa menjadi salah satu solusi untuk menjaga keseimbangan ekosistem yang ada.

“Bibit pohon yang ditanampun cukup beragam dan terdiri dari pohon yang produktif sehingga nanti hasil buahnya bisa dinikmati oleh masyarakat sekitar,” ujarnya.

“Terimakasih pula untuk pihak yang sudah mensupport kegiatan ini dan semoga kedepannya tetap bisa berkolaborasi untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik lagi,” pungkasnya. (Fikram)

Pos terkait