Perpustakaan Pekijing Raih Peringkat Dua Jadi Pemicu Literasi Kota Serang

  • Whatsapp

SERANG, BANTENINSIGHT.CO.ID – Perpustakaan Pekijing berhasil meraih juara II pada perlombaan Perpustakaan Umum di desa/kelurahan di tingkat kota/kabupaten se Provinsi Banten tahun 2021.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kota Serang Wahyu Nurjamil mengatakan ada beberapa poin yang membuat Pekijing meraih prestasi. Yakni karena sarana dan prasarana, dukungan masyarakat, dan bentuk perhatian dari pemangku kebijakan dari Walikota Serang, hingga DPK Kota Serang.

“Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kita semua bahwa di ulang tahun kota Serang ini kami bergerak bersama-sama dapat memberikan sebuah hadiah prestasi pada tingkatan provinsi,” melalui sambungan telepon seluler, Minggu (15/8).

Dengan raihan Perpustakaan Pekijing itu akan dijadikan pemicu Pemerintah Kota (Pemkot) Serang untuk menyiarkan dan meningkatkan literasi di kalangan warga Kota Serang.

“Perlombaan itu hanya trigger atau pemicu, dari keberlangsungan bagaimana perpustakaan sebagai sebuah tempat pembelajaran, dan tentu kit sudah memahami bagaimana mengolah masyarakat dan pemerintah untuk terus menyiarkan nilai literasi,” katanya.

Kata dia, Perpustakaan Pekijing itu nantinya akan menjadi pionir untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) serta kemandirian warga Kota Serang.

“Tentu perpustakaan ini perlu dukungan dari berbagai pihak, mulai dari pemerintah hingga masyarakat itu sendiri,” Katanya.

Dengan raihan Perpustakaan Pekijing tersebut pihaknya membetikan apresiasi dengan memberikan tambahan fasilitas kepada masyarakat Pekijing.

“Seperti beberapa hari ini kita sudah koordinasi dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora), dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) untuk menyamakan beberapa program yang akan dilaksanakan di tahun 2022,” Tuturnya.

Lanjutnya, pihaknya akan melakukan upaya untuk mempersiapkan perlombaan ditahun depan untuk meraih juara pertama. Kata dia, pengalaman tahun ini dengan raihan juara kedua akan dijadikan evaluasi.

“Mudah-mudahan tahun depan itu dari pengalaman yang ada kita bisa meningkatkan raihan prestasinya menjadi juara 1, mohon doanya lah dari seluruh pihak mudah-mudahan Kota Serang bisa lebih mengoptimalkan lagi kinerja nya,” tuturnya. (Fikram)

Pos terkait