PKL Stadion Maulana Yusuf Tolak Pinda ke Pasar Kepandean, Ini Alasannya

  • Whatsapp
PKL Stadion Maulana Yusuf, Kota Serang. (Foto: Fikram/Banteninsight)

SERANG, BANTENINSIGHT.CO.ID – Pedagang Kaki Lima (PKL) Stadion Stadion Maulana Yusuf (MY) menolak untuk menempati eks Pasar Kepandean dengan alasan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang belum memberikan kepastian peruntukan Pasar Kepandean.

Ketua Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Kota Serang Ayip Fauzi mengatakan pihaknya sudah mendapatkan tugas dari Walikota Serang Syafrudin untuk mengajak PKL Stadion MY pindah ke Pasar Kepandean.

Akan tetapi PKL Stadion MY menolak untuk pindah kepasar yang telah disediakan oleh Pemkot Serang.

“Karena lokasinya masih gonjang-ganjing peruntukannya, ada untuk Islamic Center, ada juga untuk pasar modern, jadi belum jelas,” katanya kepada wartawan usai audiensi bersama Walikota Serang di kantornya, Rabu (2/6).

Kata dia, pihaknya sudah membawa investor dari luar daerah untuk melakukan pengelolaan pasar Kepandean menjadi lebih ramai. Akan tetapi usaha tersebut tetap gagal karena belum ada kepastian peruntukan pasar Kepandean.

“Mereka (Investor) juga butuh kepastian,” katanya.

Oleh karena itu, para PKL Stadion MY menolak untuk pindah ke Pasar Kepandean karena khawatir akan ada pengusiran imbas dari belum adanya kepastian peruntukan Pasar Kepandean.

“Karena tadi ada isu itu jadi ragu-ragu. Kalau misalkan diusir nantinya seperti apa. Jadi inginnya ada kepastian dulu,” terangnya.

Selain itu, para PKL beralasan pasar Kepandean sepi pengunjung dan jauh dari keramaian yang berakibat barang dagangan tidak laku dan diperparah dengan adanya pandemi Covid-19.

“Selama ini mereka sudah dibina oleh Disperindag, tapi mereka tidak mau ikut karena melihat kondisi sekarang mungkin kurang nyaman. Pedagang itu gak mau kalau gak ada yang beli kalau sepi, makanya program kita bagaimana membuat rame Pasar Kepandean,” katanya.

Sementara itu, Walikota Serang Syafrudin mengatakan eks pasar Kepandean sengaja disiapkan untuk para pedagang kaki lima yang berasal dari Stadion MY.

“kalau mereka tidak mau menempati itu kan urusan mereka, kalau kami sudah menyiapkan,” ujarnya.

Ia juga mengatakan mengenai kepastian peruntukan Pasar Kepandean. Pemkot Serang sudah menyiapkan Pasar Kepandean untuk PKL berjualan lebih nyaman.

“Tidak jelas bagaimana, kan sudah ada tempatnya di Kepandean itu, mereka (PKL-red) tinggal tempati saja dan berjualan di sana,” pungkatnya. (Fikram)

Pos terkait