Puluhan Mahasiswa Nge-Camp di TPSA Cilowong, Ini Faktanya

  • Whatsapp
HPSN: Puluhan Mahasiswa sedang berorasi di TPSA Cilowong, Kota Serang, Minggu (21/2),

SERANG, BANTENINSIGHT.CO.ID – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Pusat Koordinasi Mapala (PKM) Serang, Komunitas Pencinta Lingkungan dan Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) melakukan aksi Camp Tour di  Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Cilowong, Minggu (21/2).

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memperingati hari sampah nasional yang jatuh pada tanggal 21 Februari. Dilatar belakangi oleh longsor Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Leuwigajah yang menelan banyak korban jiwa di Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, 21 Februari 2005 yang silam.

BACA JUGA: Pemkot Serang Berencana Tampung Sampah Tangsel, Warga Minta Kompensasi Pendidikan Hingga S3, Walikota Serang: Enggak Mungkin

Furqon Hadi Wijaya selaku salah satu peserta aksi mengatakan kegiatan nge-camp tour tersebut dilakukan untuk ikut merasakan langsung kondisi dan situasi di TPSA Cilowong.

“Biar ikut merasakan langsung situasi dan kondisi disini,” katanya kepada wartawan, Minggu (21/2).

Kata dia, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan kegiatan Diskusi, Nonton Film, Orasi, Baca Puisi, upacara dan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta membentangkan bendera merah putih yang berukuran raksasa 10×16 meter.

“Sependuk hitam yang bertuliskan hastag serang darurat sampah dan HPSN serang 2021,” katanya.

Sementara itu, saat ditanya mengenai rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Serang untuk menampung sampah dari Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel). Ia menjawab hal itu termasuk bagian dalam kegiatan tersebut, akan tetapi kegiatan tersebut berfoikus kepada peringatan HPSN.

“Adanya kiriman sampah dari Tangsel kami menolak,” katanya.

Penolkan tersebut dikarenakan pengelolaan sampah yang ada di Kota/Kabupaten Serang masih dirasa kurang maksimal.

“Kami menyarankan kira benahi dulu pengelolaan sampah di Kota dan Kabupaten Serang baru kita membantu (Tangsel),” Tutupnya. (Fikram)

Pos terkait