Raperda Pemerintah Desa Adat Bentuk Kepedulian Pemprov Banten Menjaga Desa Adat

  • Whatsapp

SERANG, BANTENINSIGHT. CO. ID – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Provinsi Banten tentang pemerintah desa adat menunjukkan kepedulian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dalam menjaga, melindungi, danmelestarikan desa adat .

“Karena peraturan didalamnya akan membuka peluang munculnya desa adat yang berbasis adat istiadat dan kearifan lokal,” Kata Gubernur Banten Wahidin Halim dalam sambutannya pada rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten di gedung DPRD Provinsi Banten, Selasa (7/9).

Ia juga mengatakan kesiapan untuk menjadi desa adat bukan hanya ditentukan oleh kesatuan masyarakat hukum adat dan kesepuhan saja. Akan tetapi juga kesiapan perangkat desa setempat dan faktor lain.

“Seperti batas wilayah desa yang jelas, karena perubahan status desa menjadi desa adat,” Katanya.

Ia juga mengatakan pihaknya akan berupaya untuk selalu mengawal dan melakukan pengawasan dalam pembentukan desa adat. Seperti melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap desa sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Melakukan identifikasi dan pendataan dalam hal jumlah penduduk, potensi desa khususnya adat istiadat dan budaya setempat,” Tuturnya.

Lanjutnya, Raperda itu nantinya tetap dapat menjaga desa adat sebagai satu lesatuan masyarakat hukum adat serta memedirikan ruang demokrasi dan pertisipasi masyarakat dalam desa adat. (Fikram)

Pos terkait