Rawat Nalar Kritis Mahasiswa, Dema UIN SMH Banten Gandeng PKU UNIDA Gontor

  • Whatsapp

SERANG, BANTENINSIGHT.CO.ID – Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Adab (Dema Fuda) UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten bekerjasama dengan Program Kaderisasi Ulama Universitas Daarussalam (PKU UNIDA) Gontor untuk menyelenggarakan Webinar Nasional Pemikiran dan Peradaban Islam, Senin (8/11).

Kegiatan itu merupakan langkah Dema FUDA UIN SMH Banten untuk merawat nalar kritis mahasiswa dalam rumpun ilmu pemikiran dan peradaban islam.

Dalam kegiatan ini, hadir pula Bapak Dr. Hudaeri, M.Ag selaku Dekan Fakuktas Ushuluddin dan Adab, dan Ayyash Lukman Hakim Selaku Ketua Dema Fuda UIN SMH Banten. Kegiatan Webinar Nasional ini, juga dihadiri oleh peserta dari berbagai daerah, diantaranya dari Jawa Timur, Banten, Nusa Tenggara Timur, Riau, DKI Jakarta dan Kalimantan.

Salah seorang peserta Agung Rianto mengatakan kegiatan yang bertemakan merawat nalar kritis mahasiswa dalam rumpun ilmu pemikiran dan peradaban islam, berdampak positif bagi para peserta dan pemateri.

“Alhamdullah saya mengikuti dan menyimak kegiatan ini dari awal hingga akhir, kegiatan ini sangat memberikan manfaat khusunya bagi saya pribadi dan juga pematerinya.” Ujarnya saat ditemui di lingkungan gedung Fakuktas Ushuluddin dan Adab UIN SMH Banten, Selasa (9/11).

Lanjutnya, pemikiran dan peradaban islam memang menjadi diskursus yang cukup ramai diperbincangkan, terlebih di kalangan akademisi Perguruan Tinggi Keislaman.

Menurutnya, perkembangan zaman membawa era distrupsi memaksa orang untuk bertransformasi menjadi insan-insan yang tidak ketinggalan zaman. Akan tetapi tetap mempertahankan syariat keislaman.

Sementara itu, peserta lainnya Amrina mengatakan hal yang serupa. Menurutnya kegiatan itu sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan menambah pertemanan antar mahasiswa.

“Alhamdulillah, jadi tambah wawasan, tambah kenalan juga,” Katanya. ***

Pos terkait