Sekda Kota Serang Dampingi Mentri PUPR RI Tinjau Tiga Titik Pembangunan Kota Serang

  • Whatsapp

SERANG, BANTENINSIGHT.CO.ID – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Serang Nanang Saefudin Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan di tiga titik pembangunan di Kota Serang, Senin (16/11).

Bacaan Lainnya

Peninjauan itu dilakukan di overpass Kemang Cipocokjaya, Instalasi Pengolah Air (IPA) di Kawasan Penunjang Wisata (KPW) Banten Lama, dan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Kementerian PUPR di Margaluyu Kasemen.

Sekda Kota Serang Nanang Saefudin mengatakan tiga titik lokasi yang ditinjau merupakan pembangunan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Pertama kunjungannya ke Kemang dekat dengan Bina Bangsa, kemudian IPA, dan juga Rusunawa, yang diperuntukkan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN),” katanya kepada wartawan melalui sambungan telepon seluler.

Lanjutnya, dua titik pembangunan yang paling berkaitan yakni peninjauan titik lokasi pembangunan overpass Kemang, Cipocok Jaya, dan juga IPA di KPW Banten Lama yang menghasilkan 40 liter air perdetik.

“Tanahnya seluas 5 ribu meter dari kita, fisiknya sekira Rp20 miliar diberikan oleh pusat dalam hal ini PUPR,” ujarnya.

Lanjutnya, pembangunan IPA itu bertujuan untuk membantu masyarakat Kecamatan Kasemen yang lebih rentan terhadap masalah air. Dengan demikian diharapkan dapat menambah sambungan rumah tangga di 400 rumah tangga.

“Setelah penyerahan, ini baru pemeriksaan dari bendol sambil peresmian, mungkin setelah ke kita dan kita serahkan ke Perumdam agar dimanfaatkan,” katanya.

Ia juga menyampaikan pesan dari Menteri PUPR Basuki agar pembangunan yang diberikan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Terutama pembangunan IPA KPW Kasemen karena air di wilayah tersebut memiliki kandungan air payau.

“Pasti ini sangat dirasakan oleh masyarakat. Dengan IPA ini dapat dikonsumsi, ini merupakan kebutuhan pokok dasar manusia, mau rumah bagus kalau airnya jelek kita kurang nyaman,” Ujarnya.

Lanjutnya, untuk pembangunan Rusunawa yang selesai dibangun diperuntukkan ASN Kementerian PUPR yang bertugas di Provinsi Banten.

“Tapi kepentingan kita pembangunan jalan untuk mengurai kemacetan, dan IPA untuk membantu masyarakat di Kasemen,” ungkapnya. ***

Pos terkait