Semua Tenaga Honorer Pemkot Serang Wajib Ikut BPJS Ketenagakerjaan

  • Whatsapp
Humas Pemkot Serang For Banteninsight.co.id

SERANG, BANTENINSIGHT.CO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang mewajibkan semua tenaga honorer untuk ikut kepersertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Bacaan Lainnya

Hal itu bertujuan untuk menjamin tenaga honorer atau Non Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang terdaftar program BPJS Ketenagakerjaan mendapatkan pelayanan kesehatan dan santunan uang tunai jika menderita penyakit akibat kerja atau mengalami kecelakaan kerja.

Adapun program jaminan BPJS Ketenagakerjaan yang dimaksudkan meliputi perlindungan JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja), JK (Jaminan Kematian).

Walikota Serang Syafrudin mengatakan Pemkot Serang bersama BPJS Ketenagakerjaan sudah berkomitmet dengan undang-undang nomor 24 tahun 2011 tentang BPJS, dilanjutkan dengan Perwal nomor 55 tahun 2017 dan terakhir surat edaran Walikota Serang nomor 560/778-DKTKT/2019 yang artinya Pemkot Serang menganjurkan semua tenaga kerja non PNS harus ikut kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

“Non PNS harus masuk BPJS Ketenagakerjaan. Karena banyak keuntungan yang didapat dari menjadi peserta BPJS ini,” Katanya usai membuka acara Focus Gruf Discussion Pemerintah Kota Serang dengan BPJS Ketenagakerjaan kantor cabang Serang dengan tema ‘optimalisasi dan kolaborasi perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi seluruh pekerja di wilayah Kota Serang, Selasa (16/2).

Lanjutnya, manfaat yang didapatkan dari kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan yakni jaminan kecelakaan dan jaminan kematian.

Adapun untuk iuran BPJS Ketenagakerjaan menurut Syafrudin cukup murah hanya Rp16.200 per orang yang dibayarkan per bulan. Oleh karena itu ia berharap agar semua non PNS yang ada di Kota Serang masuk BPJS Ketenagakerjaan.

“Karena disamping iurannya tidak besar, keuntungannya lebih banyak apabila ada kecelakaan dan meninggal dunia. Kematian kecelakaan kerja itu mendapat bantuan kurang lebih Rp 84 juta dan meninggal biasa Rp 50 juta lebih,” Ujarnya.

Syafrudin juga mengatakan untuk saat ini sebanyak 11 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Serang sudah ikut kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Serang Didin Haryono mengatakan pihaknya mengucapkan terimakasih atas dukungan Walikota Serang terkait kepesertaan manfaat BPJS ketenagakerjaan di Wilayah Kota Serang khususnya tenaga honorer Pemkot Serang.

Lanjutnya, Pemkot Serang menginginkan tahun 2021 tenaga honorer Pemkot Serang sudah terdaftar dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

“Apabila terjadi kecelakaan waktu mereka (tenaga honorer) kerja, berangkat kerja pulang kerja terjadi kecelakaan maka dia berhak mendapatkan biaya perawatan dan pengobatan secara tuntas,” Katanya.

Lanjutnya, jika peserta BPJS Ketenagakerjaan meninggal dunia maka akan mendapatkan santunan kematian. Kata dia, jika peserta BPJS Ketenagaakerjaan meninggal dunia saat bekerja maka santuan yang akan didapatkan 48 kali gaji.

Semetara jika peserta meninggal dunia tidak dalam bekerja maka akan mendapatkan santunan Rp42 juta.

“Hari ini daftar besok meninggal maka yang bersangkutan berhak mendapatkan santunan,” Pungkasnya. (Fikram)

Pos terkait