Sulit Tidur? Atasi dengan 5 tips ini

  • Whatsapp
Ilustrasi orang yang mengalami sulit tidur. (FOTO: FREEPIK)

BANTENINSiGHT.CO.ID — Bukan rahasia lagi bahwa tidur nyenyak sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan fisik kita.

Menurut para ahli kesehatan, kita membutuhkan setidaknya delapan jam tidur setiap malam untuk bekerja dengan maksimal.

Bacaan Lainnya

Namun, seringkali orang-orang lebih memilih untuk tidak mendapatkan tidur yang cukup, demi menyelesaikan tugas, lembur kerja, atau bahkan hanya untuk melanjutkan streaming film atau drama di ponsel maupun tv. Hal ini akan menyebabkan insomnia dan kelelahan.

Kurang tidur juga menyebabkan beberapa masalah kesehatan lainnya, termasuk risiko penyakit jantung, diabetes, dan gangguan emosional yang lebih besar.

Melansir ndtv.com, berikut tips mengatasi sulit tidur untuk menghindari komplikasi kesehatan karena insomnia.

1. Pertahankan jam tidur yang teratur

Pola tidur yang tidak teratur merupakan penyebab utama insomnia. Jauh lebih bermanfaat untuk pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

Melakukan hal ini akan memprogram tubuh untuk tidur lebih baik. Sangat disarankan untuk memilih waktu tidur, ketika tubuh cenderung lelah dan mengantuk.

2.Pastikan lingkungan tidur yang damai

Pastikan kamar tidur kamu memiliki lingkungan yang damai, tanpa gangguan atau kebisingan yang dapat mengganggu tidurmu. Suhu dan pencahayaan kamar juga dapat kamu kontrol untuk membuatmu tidur lebih nyenyak.

3. Berolahraga secara teratur

Olahraga ringan dan teratur adalah salah satu cara terbaik untuk meremajakan tubuh. Tidak hanya membuat kamu merasa segar tetapi juga membuat tubuh terasa lelah.

Bahkan berenang dan berjalan kaki adalah cara yang bagus untuk meredakan ketegangan yang menumpuk sepanjang hari. Namun, jangan berolahraga mendekati waktu tidur, hal ini justru akan membuatmu lebih sulit tidur.

4. Kurangi asupan minuman dan jangan merokok

Teh, kopi, minuman energi, atau cola mengandung kafein, senyawa yang dapat mengganggu tidurmu. Jadi, hindari meminumnya di malam hari.

Sebaliknya, segelas susu atau teh herbal bisa menjadi pilihan yang baik dan akan membantu kamj tidur lebih nyenyak.

5. Jika kamu tetap tidak bisa tidur, bangun dan lakukanlah sesuatu yang menenangkan

Jika kamu baru dalam tahap awal untuk melakukan tips ini, kamu mungkin masih akan kesulitan untuk tidur.

Ketika kamu tidak bisa tidur, nangan terus tinggal di tempat tidur, berbaring dan terpaku mengkhawatirkannya.

Cobalah bangun dari tempat tidurmu dan lakukan sesuatu yang menurutmu menenangkan sampai kamu merasa mengantuk.

Demikian tips untuk mengatasi insomnia. Semoga membantu! (***)

Pos terkait