Tahun 2022 OPD Kota Serang Terapkan Tanda Tangan Elektronik

  • Whatsapp

SERANG, BANTENINSIGHT.CO.ID – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kota Serang akan menerapkan tanda tangan elektronik tahun 2022. Rencana penerapan tanda tangan elektronik itu saat ini baru dimatangkan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Serang.

Bacaan Lainnya

Tandatangan elektronik itu nantinya akan digunakan sebagai penunjukkan persetujuan dan lainnya.

Kepala Seksi (Kasi) Infrastruktur, Diskominfo Kota Serang, Aminudin mengatakan tanda tangan elektronik itu baru diterapkan di internal Diskominfo Kota Serang. Selanjutnya akan diterapkan di seluruh OPD Kota Serang.

“Saat ini ya baru ada dikami (Diskominfo), belum untuk OPD lainnya,” katanya kepada wartawan disela Sosialisasi Pemanfaatan Teknologi Komunikasi dan Informatika di salah satu hotel di Kota Serang, Selasa (16/11).

Ia menjelaskan tanda tangan elektronik tersebut sedang dimatangkan dan melakukan kerjasama antara dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Selain itu, pihaknya juga sedang mengembangkan aplikasi tanda tangan elektronik secara mandiri. Kata dia, aplikasi yang masih dalam pengembangan itu masih menunggu verifikasi dari google.

“Kita juga masih mengembangkan aplikasi supaya Pemkot Serang punya sendiri aplikasinya itu, tapi perlahan-lahan kita akan terus sempurnakan,” ujarnya.

Hal itu, dilakukan agar Pemkot Serang tidak tergantung dengan BSSN. Ia juga mengakui penerapan tanda tangan elektronik di Kota Serang masih tertinggal dibandingkan dengan daerah lainnya.

Keterlambatan itu dikarenakan pandemi Covid-19 yang mengakibatkan Diskominfo sulit berkomunikasi dengan BSSN.

“Kita kesusahan menghubungi BSSN, padahal ini sudah kita mulai dan baru terealisasi kemarin tiga bulanan, jadi ada prosesnya dari BSSN,” tuturnya.

Sementara itu, Walikota Serang Syafrudin mengatakan memanfaatkan teknologi suatu keharusan pada era digitalisasi. Termasuk juga dengan teknologi informasi di lingkungan Pemkot Serang untuk meningkatkan layanan pada masyarakat.

Kata dia, dengan demikian pelayanan tidak lagi secara offline akan tetapi juga dilaksanakan secara online.

“Tidak lagi di kantor tapi di tempat lain pun tidak sulit,” katanya.

Ia juga mengatakan pihaknya mendorong supaya teknologi informasi di Pemkot Serang terus ditingkatkan dengan inovasi-inovasi yang dihadirkan di masing-masing OPD.

“Fasilitasnya juga harus ditambah, kita butuh internet di setiap tempat yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat. Termasuk juga kegiatan OPD dapat terekspose, jadi masyarakat juga harus tahu,” paparnya. ***

Pos terkait