Terapkan 5 Kebiasaan Makan Ini untuk Kendalikan Kadar Gula Darahmu

  • Whatsapp
Membangun kebiasaan sehat akan membantumu untuk dapat mengendalikan kadar gula darah. (FOTO: FREEPIK).

BANTENINSIGHT.CO.ID – Meskipun kita menyadari bahwa makan lebih banyak sayuran dan protein tanpa lemak itu baik untuk tubuh, seringkali kita justru mengabaikan hal tersebut dan tetap menyantap makanan tinggi kalori dan lemak.

Kita sudah tahu apa yang harus dan memang baik untuk kesehatan kita. Tetapi, menerapkan kebiasaan hidup sehat kedalam gaya hidup kita sehari-hari masih terasa sulit untuk dilakukan.

Bacaan Lainnya

Padahal, membangun kebiasaan sehat merupakan kunci untuk mengendalikan kadar gula darah dan risiko penyakit kardiovaskular lainnya.

Namun, bagaimana kita belajar menerapkan kebiasaan sehat ke dalam gaya hidup kita?

Perubahan kebiasaan adalah ilmu kompleks, jadi jangan membebani dirimu dengan mencoba mengubah semuanya sekaligus.

Dilansir dari eatthis.com, ada beberapa cara kecil yang bisa kita pelajari untuk membangun kebiasaan sehat, khususnya untuk mengendalikan kadar gula darahmu.

1. Mulailah harimu dengan makanan berprotein tinggi

Makan lebih banyak protein saat sarapan dapat menyeimbangkan kadar gula darah sepanjang hari. Sumber protein yang disantap bersama karbohidrat mampu memperlambat glukosa memasuki aliran darah sehingga membantumu menjaga gula darah dalam kisaran target.

2. Tetapkan waktu makan regularmu

Makan secara teratur setiap 4 jam akan membantumu dalam mengendalikan kadar gula darah. Biasakan makan sebelum kamu terlalu lapar untuk membantu mengatur porsi dan kadar gula darahmu. Menunggu sampai kamu lelah dan lapar hanya akan membuatmu impulsif dan pada akhirnya makan berlebihan.

3. Atur porsi makan sesuai metode piring

Makanan dalam metode piring ini terfokus upada protein, karbohidrat, dan sayuran non-tepung. Porsi dalam metode piring, yaitu setengah piring untuk porsi sayuran non-tepung, sedangkan untuk protein dan karbohidrat menggunakan tangan. Porsi protein disesuaikan seukuran dengan telapak tanganmu, dan porsi karbohidrat disesuaikan dengan ukuran kepalan tanganmu.

Untuk mengendalikan kadar gula darah, makanlah protein terlebih dahulu, diikuti dengan sayuran non-tepung dan terakhir karbohidrat. Protein dan serat dalam sayuran dapat memperlambat laju karbohidrat memasuki aliran darah.

4. Seimbangkan gizi dalam makananmu

Kamu tidak harus mengurangi banyak porsi karbohidrat untuk mendapatkan kadar gula darah yang lebih baik. Pilihlah karbohidrat mentah berserat tinggi, seperti kacang-kacangan, gandum, atau buah beri dalam jumlah sedang untuk memperlambat pencernaan dan meminimalkan lonjakan gula darah.

5. Berjalan selama 10 menit setelah makan

Bergerak setelah makan dapat sedikit membantu untuk mengurangi gula darah. Otot dalam tubuh menggunakan glukosa untuk bergerak, jadi berjalan tepat setelah makan banyak karbohidrat, dapat meningkatkan respons glukosa darah dengan cepat. Selain menurunkan kadar gula darah, berjalan selama 10-15 menit turut membantu dalam pengelolaan berat badan.

Demikian beberapa kebiasaan makan yang dapat kamu terapkan untuk mengendalikan kadar gula darahmu. (***)

Pos terkait