Terima Bantuan Mobil Ambulan, Bupati Serang Ajak Industri Lain Ikuti PT Cargill

  • Whatsapp

SERANG, BANTENINSIGHT.CO.ID – PT. Cargill Indonesia menyerahkan bantuan satu unit mobil ambulan dan 52 unit mobil ambulan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang yang selesai dilakukan perbaikan.

Bacaan Lainnya

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Senior Manager Corporate Responsibilty PT Cargill Indonesia, Yohanes Agung Baskoro kepada Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah di pendopo bupati, Selasa (28/12).

Senior Manager Corporate Responsibilty PT Cargill Indonesia, Yohanes Agung Baskoro mengatakan untuk Corporate Social Responsibility atau CSR pada tahun 2021 bantuannya berupa satu unit mobil ambulan baru dan 52 unit hasil dari reparasi atau perawatan sebagai upaya untuk memperkuat fasilitas kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Misalnya menghadapi pandemi (covid-19) selanjutnya, saya harap bisa bermanfaat dan di gunakan dengan sebaik-baiknya,” ujar Agung Baskoro usai penyerahan bantuan.

Adapun untuk revitalisasi 52 unit mobil ambulan milik Pemkab Serang, sebut Agung Baskoro pihaknya bekerjasama dengan pihak ketiga mengganti semua peralatan penanganan kesehatan, ban dan lainnya.

“Jadi bukan secara mesin mobil berjalan dengan baik, secara kebersihan dan penampilan juga lebih layak lagi (dengan pengecetan ulang),” katanya.

Agung Baskoro juga menyebutkan, selain bantuan satu unit mobil baru dan perbaikan 52 unit mobil ambulan milik Pemkab Serang merupakan inisiatif PT Cargil Indonesia. Meski demikian, pihaknya pun meminta arahan kepada pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang.

“Kami bekerjasama atau meminta arahan dari dinkes mengenai bentuk apa saja yang kira-kira pas apabila kita memperkuat kapasitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Serang, dan pihak ketiga yang melaksanakan,” ungkap Agung. Seraya memastikan, jika ada peluang pihaknya akan terus menyalurkan bantuan sebagai realisasi CSR.

“Kalau ada kesempatan kenapa tidak,” tegasnya.

Karenanya, tambah Agung, bantuan PT Cargill Indonesia yang diberikan kepada Pemkab Serang bukan kali pertama melainkan sudah dilakukan sejak tahun 2017 lalu.

“Tahun 2020 kemarin kita juga menyalurkan bantuan berupa sembako, fasilitas mencuci tangan untuk dunia pendidikan, dan kampanye kesehatan,” tutur Agung.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyampaikan atas nama pribadi dan Pemda Kabupaten Serang ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada jajaran PT Cargill Indonesia. Katanya, PT Cargill bukan hanya kali ini memberikan bantuan kepada masyarakat Kabupaten Serang, tetapi tahun-tahun sebelumnya pun sudah dilakukan sejak tahun 2017.

“Dimulai tahun 2017 sudah fokus terhadap bantuan dunia pendidikan mulai dari sanitasi, kemudian kesehatan makanan, infrastruktur sanitasinya sendiri, dan pelatihan-pelatihan terhadap guru. Untuk bantuan di dunia pendidikan setiap tahun dari 2017 sampai tahun 2020 yang bekerjasama dengan lembaga Care Indonesia,” ujarnya.

Untuk tahun 2021 ini, lanjut Tatu, PT Cargill menyalurkan bantuan CSR dengan mendorong pada bidang kesehatan yang sudah di serahterimakan satu unit mobil ambulan baru dan 52 mobil ambulan di perbaiki, di revitalisasi yang bekerjasama dengan pihak ketiga.

“Kita lihat jadi seperti mobil baru lagi karena sampai catnya ternyata di perbaiki alhamdulillah. Pastinya sangat membantu, terutama di puskesmas-puskesmas untuk melayani masyarakat,”ungkapnya.

Tatu menyebutkan, 52 mobil ambulan yang diperbaiki merupakan operasional puskesmas-puskesmas yang ada di Kabupaten Serang.

“Yang diperbaiki mobil awal pengadaan, jadi sekarang punya dua mobil ambulan yang sehat di masing-masing puskesmas. Kalau kemaren satu dan satu pusling,”terang Tatu.

Dengan adanya kepedulian dari PT Cargill Indonesia, PT Chandra Asri dan perusahaan industri lainnya, Ratu Tatu berharap bisa mengajak dan memberikan testimoni kepada industri-industri lain yang ada di Kabupaten Serang.

“Insya Allah dengan semangat kebersamaan dari perusahaan sedikit dengan jumlah industri yang sangat banyak, bantuan itu sangat bermanfaat untuk masyarakat,”tutur Ratu Tatu.

Sebagaimana diketahui PT Cargill Indonesia memiliki dua cabang pabrik industri di wilayah Cikande, Kabupaten Serang meliputi pabrik pemanis makanan, susu bayi, dan produksi pakan ikan.

Hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sahiri, Asda I, Nanang Supriatna, Kepala Bappeda, Rahmat Maulana, Kepala Dinkes, Agus Sukmayadi, dan para Kepala Puskesmas se Kabupaten Serang. Pada kesempatan tersebut, Dinkes Kabupaten Serang juga memberikan bantuan tiga unit sepeda motor dari Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk operasional Puskesmas Keliling atau Pusling. ***

Pos terkait