Tiga Langkah Simple Hilangkan Jerawat

  • Whatsapp
Ilustrasi Wajah Berjerawat (FOTO: FREEPIK)

BANTENINSIGHT.CO.ID — Jerawat memang tidak mudah dihilangkan. Banyak artikel maupun vlog yang beredar dengan judul menghilangkan jerawat hanya dalam semalam, judul yang memang cocok bagi penderitanya yang tidak sabaran.

Tapi apakah benar hanya dalam semalam jerawat bisa seketika hilang?

Bacaan Lainnya

Walau apa yang disampaikan terkadang benar, tetapi hanya segelintir orang yang berhasil terbebas dari jerawat.

Kalau kamu termasuk kedalam golongan yang percaya, kamu hanya akan berakhir menjadi korban clickbait dari judul tersebut.

Jangan biarkan rasa tidak nyaman menipumu hanya untuk percaya apa yang ingin kamu dengar.

Simak tiga langkah sederhana untuk menghilangkan jerawat dibawah ini.

Step #1 : Cleanser

Membersihkan wajah adalah hal dasar yang wajib dilakukan dalam tahapan skin care. Namun, jenis pembersih yang digunakan sangatlah penting.

Biasanya, cleanser khusus jerawat banyak mengandung bahan aktif seperti salicylic acid dan benzoyl peroxide. Meski bermanfaat, bahan-bahan ini kurang efektif dalam mencuci muka, karena akan membuat kulit lebih kering dan menghilangkan kelembaban alami kulit.

Sebaiknya, gunakan cleanser atau facial wash yang lembut, tidak kering, dan memiliki pH yang seimbang.

Disarankan menggunakan facial wash yang tidak menghilangkan minyak alami wajah agar kelembaban alami kulit tetap terjaga.

Step #2 : Acne Treatment

Umumnya, membersihkan wajah saja tidak cukup untuk menghilangkan jerawat dengan sendirinya.

Gunakan sesuatu yang secara aktif akan mengobati dan mencegah jerawat. Bahan aktif yang digunakan sebaiknya yang memiliki sifat komedolitik, keratolitik, anti-inflamasi, atau anti-bakteri untuk mengatasi semua penyebab utama jerawat.

Di sinilah sebagian besar keajaiban terjadi dalam hal membersihkan jerawat.

Step #3 : Moisturize

Merawat kulit dengan bahan aktif bisa sangat mengiritasi. Untuk mengatasinya, kita perlu mengisi kembali skin barrier dengan produk pelembab.

Menemukan pelembap yang cocok untuk kulit wajah merupakan salah satu bagian tersulit dalam mengobati jerawat. Jika kamu sudah menemukannya, kamu sudah dalam setengah perjalanan menuju kulit mulus tanpa jerawat!

Bagi para remaja, langkah ini tidak terlalu mengkhawatirkan, karena kulit yang masih muda cukup tangguh dan dapat menangani serangan agen terapeutik, seperti tretinoin atau benzoyl peroxide dengan lebih baik .

Namun, jika kamu sudah dewasa, perhatian khusus sangat diperlukan pada langkah ini. Sebab, sifat kulit berubah seiring bertambahnya usia, dan begitu pula potensi iritasinya.

Penyebab utama jerawat dewasa umunya adalah skin barrier yang rusak, sensitif terhadap malassezia , atau menggunakan produk perawatan kulit yang salah.

Kulit yang rusak memiliki kemampuan yang lebih kecil untuk melawan jerawat, jadi rawatlah kulit mu sesering mungkin.

Menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik adalah kunci keberhasilan pengobatan jerawat.

Penggunaan pelembab secara rutin dapat mengobati jerawat lebih cepat dan meningkatkan kemampuan kulit untuk mentoleransi bahan-bahan yang sering menyebabkan iritasi.(***)

Pos terkait