Tips Tingkatkan Konsumsi Air Harian

  • Whatsapp
Orang yang sedang meminum air. (FOTO: FREEPIK)

BANTENINSIGHT.CO.ID — Sebagian besar tubuh manusia terdiri atas air, sehingga air menjadi komponen penting yang secara langsung terkait dengan kesehatan tubuh kita.

Setiap sel dalam tubuh kita memerlukan air untuk bekerja secara benar. Selain itu konstipasi juga dapat dicegah dengan menghidrasi sistem pencernaan dengan baik.

Bacaan Lainnya

Air juga membantu menghilangkan racun dari tubuh, meningkatkan fungsi ginjal yang sehat, menjaga pelumasan sendi dan otot, membuat kulit lebih bagus dan tampak lebih muda, serta membantu mengatur suhu tubuh.

Namun, beberapa orang tidak terbiasa minum air, yang mengakibatkan komplikasi, seperti dehidrasi dan risiko infeksi saluran kemih.

Dalam jangka panjang, kebiasaan kurang minum air dalam sehari juga dapat menyebabkan implikasi kesehatan yang negatif, termasuk masalah sendi dan otot.

Seiring bertambahnya usia, cadangan cairan tubuh pun menyusut, dan
kapasitas tubuh untuk menyimpan air berkurang, yang ikut mengurangi kadar rasa hausmu.

Kondisi kronis seperti diabetes dan demensia, serta penggunaan obat-obatan tertentu, memperburuk masalah ini. Masalah mobilitas pada orang tua juga dapat menghambat kapasitas para orang tua untuk mengambil air untuk diri mereka sendiri.

Oleh karena itu, penting untuk disiplin dan melatih diri kita untuk memenuhi kebutuhan air harian.

Menurut ahli, minum air putih secara teratur bisa jadi sulit, terutama jika seseorang sibuk, sering lupa minum, atau membenci rasa air.

Jika kamu termasuk pelupa, atau mendapati dirimu tidak mengonsumsi air sebanyak biasanya, mulailah melakukan beberapa perubahan.

Melansir indianexpress.com, seorang ahli gizi bernama Bhakti Kapoor memberikan tips sederhana untuk meningkatkan konsumsi air harian berikut ini.

1. Tetapkan berapa banyak air yang akan kamu minum dalam sehari dan patuhi itu.

2. Jika kamu sibuk dengan pekerjaan, isi air hingga 2-3 botol dan simpan di dekat meja kerjamu.

3. Pasang pengingat atau alarm setiap satu jam untuk menghidrasi tubuh.

4. Ingatlah untuk meminum air sepanjang hari.

5. Jika tidak suka air putih, kamu bisa menambahkan beberapa rasa seperti mentimun, lemon, stroberi, dll.

6. Selain itu, makan makanan yang kaya air seperti mentimun dan semangka.

7. Minum segelas air sebelum makan.

Demikian tips sederhana untuk meningkatkan konsumsi air harian. Semoga tips ini dapat membantumu, ya! (***)

Pos terkait