Warga Grogol Geruduk PT LCI, Tuntut Lapangan Kerja dan Pencemaran Lingkungan

  • Whatsapp
Salah satu peserta aksi Ahmad Sulasikin tampak berorasi melalui pengeras suara di depan pintu gerbang PT Lotte Chemical Indonesia (LCI) Senin (23/05/22). Foto Ahmad Maududi banteninsight.co.id

CILEGON, BANTENINSIGHT.CO.ID – Ribuan warga Kecamatan Grogol menggeruduk pabrik PT Lotte Chemical Indonesia (LCI) yang berada di Kawasan Industri Peni Senin (23/05/22).

Pantauan banteninsight.co.id sejumlah masyarakat dari berbagai ormas di Kecamatan Grogol dan Kelurahan Warnasari berkumpul di depan gerbang PT LCI untuk menyuarakan aksinya dengan menggunakan pengeras suara di atas sebuah mobil losbak.

Dalam aksi tersebut masyarakat menuntut pihak PT LCI untuk bertanggung jawab atas pencemaran lingkungan di daerah Kecamatan Grogol. Selain itu masyarakat juga menuntut PT LCI untuk memberikan lapangan pekerjaan kepada warga lokal, khususnya warga Kecamatan Grogol.

Salah satu peserta aksi Ahmad Sulasikin dalam orasinya mengatakan, selain pencemaran lingkungan berupa debu akibat aktifitas pabrik, masyarakat juga dirugikan dengan adanya banjir yang melanda pemukiman warga, khususnya warga yang berada di sekitar lingkungan PT LCI.

Menurutnya banjir tersebut akibat aktifitas PT LCI yang berdampak pada lingkungan sekitar Kecamatan Grogol.

“Bukan hanya banjirnya saja, hati kami juga capek, belum debunya, selain itu yang kerja warga lokal paling sekitar dua puluh orang,” tuturnya.

Salah satu perwakilan ibu – ibu yang melakukan orasi yang diketahui bernama Tuti mengatakan jika dirinya selama sepuluh tahun tinggal di daerah Kecamatan Gerogol belum pernah mengalami kebanjiran. Namun sejak ada aktifitas perusahaan dari PT LCI beberapa tahun terakhir ini ia baru mengalami kebanjiran.

“Dulu saya sepuluh tahun di sini tidak pernah kebanjiran, semenjak satu, dua tahun ini saya kebanjiran, biasanya ibu – ibu lima tahun sekali beli kasur, sekarang satu tahun sekali beli kasur,” pungkasnya. *

Pos terkait