Warga Serang Bisa Bayar PBB Pakai Sampah

  • Whatsapp
BANK SAMPAH: Walikota Serang Syafrudin (Batik emas) dan Camat Serang Fracah Richi (Kemeja Putih) sedang melihat produk olahan sampah di Bank Sampah Digital, Perumahan Ciracas, Blok B, Kecamatan Serang, Kamis (8/4). (Foto: Fikram/Banteninsight.coid)

SERANG, BANTENINSIGHT.CO.ID – Warga Kecamatan Serang dapat melakukan pembayaran Surat Pemberitahuan Pajak Terutang Pajak Bumi dan Bangunan (SPPT PBB) menggunakan sampah anorganik seperti sampah plastik, kertas dan lain sebagainya.

Bacaan Lainnya

Bagi warga yang berkeinginan untuk memanfaatkan sampah anorganik untuk membayak SPPT PBB harus mendaftarkan diri sebagai nasabah bank sampah.

“Pertama harus menjadi nasabah bank sampah, setelah itu sampah ditimbang bawa SPPT dengan KTP bisa melakukan transaksi PBB,” kata Camat Serang Frach Richi kepada wartawan, di Bank Sampah Digital, Perumahan Ciracas, Blok B, Kecamatan Serang, Kamis (8/4).

Lanjutnya sampah yang dapat ditabungkan yakni mulai dari kertas tabung tv, botol plastik tutup botol, dan Paku.

Kata dia, sampah organik yang disetorkan oleh masyarakat nantinya akan ditimbang dan diberi nilai sesuai dengan harga yang telah ditentukan.

Untuk harganya bervariatif sesuai dengan jenis dan jumlah sampah yang disetorkan. Selanjutnya sampah tersebut akan dikonversikan menjadi mata uang.

“Setelah itu, akan dikonversi, nanti dikumpulin baru nanti masuk ke saldo ee an itu bisa digunakan buat bayar SPPT PBB,” katanya.

Sementara itu, Walikota Serang Syafrudin mengatakan ia mengapresiasi program yang dilakukan oleh Kecamatan Serang. Menurutnya dengan program tersebut dapat mengurangi volume sampah yang ada di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Cilowong.

Lanjutnya, di Kota Serang terdapat 70 bank sampah yang tersebar diseluruh Kecamatan. Ia menginginkan apa yang dilakukan oleh Kecamatan Serang tersebut dapat diikuti oleh Kecamatan lain yang selanjutnya dikembangkan.

“Sehingga pembuangan sampah akhir atau TPA pembuangannya Karena berkurang, jadi tidak terlalu banyak beban,” ujarnya.

Ia menginginkan program bank sampah dapat diterapkan hingga ketingkat RT diseluruh Kota Serang. (Fikram)

Pos terkait