Yogurt, Makanan Terbaik untuk Mengurangi Lemak Perut

  • Whatsapp
Ilustrasi yogurt. (FOTO: FREEPIK)

BANTENINSIGHT.CO.ID – Tidak semua lemak dalam tubuh buruk untuk kesehatan, bahkan kita pun membutuhkannya untuk bertahan hidup.

Menurut American Heart Association, lemak tubuh tidak hanya membantu menjaga tubuh tetap hangat, tetapi juga penting untuk menyerap nutrisi dan memproduksi hormon penting.

Bacaan Lainnya

Namun, ada satu jenis lemak yang buruk bagi kesehatan kamu, yaitu lemak visceral.

Lemak visceral adalah jenis lemak tubuh yang disimpan di dalam rongga perut, yang membungkus organ internal, termasuk hati, perut, dan ususmu. Lemak ini tidak sama dengan lemak perut yang kamu lihat.

Meskipun lemak visceral ini tidak terlihat dari luar, tetapi memiliki dampak pada kesehatan kamu. Dampaknya antara lain dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko untuk penyakit jantung, stroke, diabetes, resistensi insulin, dan bahkan beberapa jenis kanker.

Dilansir dari eatthis.com, Roxana Ehsani, seorang ahli gizi diet, memberikan saran untuk mengurangi lemak visceral ini.

Menurut Roxana, salah satu cara untuk mengurangi lemak visceral adalah dengan melakukan beberapa penyesuaian pola makan, dan kamu bisa mulai dengan menambahkan salah satu makanan penghilang lemak perut terbaik, yaitu yogurt polos tanpa lemak.

1. Yogurt kaya protein

Penelitian mengemukakan bahwa makanan yang kaya akan protein, kalsium dan vitamin D terkait dengan rendahnya lemak visceral dalam tubuh.

Yoghurt polos tanpa atau rendah lemak biasanya mengandung 20-23 gram protein per cangkir.

Oleh karena itu, yogurt yang polos, tanpa atau rendah lemak adalah makanan nomor satu yang harus ditambahkan ke dalam makanan, jika kamu ingin mengurangi lemak visceral.

2. Membantumu kenyang lebih lama

Makan makanan kaya protein, juga dapat meningkatkan rasa kenyang. Hal ini akan membantu kamu untuk mengurangi rasa lapar dan kecenderungan makan berlebihan.

Protein membutuhkan waktu lama untuk dicerna dan dimetabolisme, sehingga membantu kamu merasa kenyang lebih lama.

3. Membantu rencana dietmu

Penelitian juga menemukan bahwa asupan protein tinggi berkaitan dengan BMI yang lebih rendah, lingkar pinggang yang lebih kecil, dan kadar kolesterol baik yang lebih banyak.

4. Melancarkan pencernaan

Yogurt mengandung kultur hidup dan aktif yang dikenal sebagai probiotik, yang membantu mendukung mikrobioma usus yang sehat.

Usus yang sehat akan turut membantu melancarkan sistem pencernaan.

5. Pilih yogurt tanpa gula

Memilih yogurt polos adalah kunci mengurangi lemak visceral, karena tidak mengandung gula.

Jenis yogurt yang memiliki beragam rasa cenderung mengemas gula tambahan, yang tidak akan membantu mengurangi lemak visceral.

Sebaliknya, orang yang makan lebih banyak gula tambahan cenderung memiliki lebih banyak lemak visceral.

6. Pilih yogurt bebas lemak

Roxana mengatakan untuk memilih yogurt tanpa lemak atau rendah lemak, karena jenis yogurt penuh lemak biasanya mengandung lemak jenuh.

Makan berlebihan lemak jenuh justru menaikkan kadar lemak visceral dalam tubuh.

Namun, mengurangi asupan lemak jenuh secara keseluruhan (termasuk makanan seperti daging olahan, keju, dan makanan yang dipanggang) lebih penting daripada membuat satu pilihan untuk makan yogurt bebas lemak.

Tips lain untuk mengurangi lemak visceral

Selain mengonsumsi  yogurt, cara lain untuk mengurangi dan/atau mencegah lemak visceral, menurut Roxana, meliputi:

  • Makanlah makanan atau camilan yang mengandung protein agar kamu tetap merasa kenyang.
  • Makan cukup serat makanan setiap hari untuk membuat kamu kenyang lebih lama dan mendukung saluran pencernaan yang sehat.
  • Tidur yang cukup. Kurang tidur kronis telah dikaitkan dengan makan berlebihan dan penambahan berat badan.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Minum banyak air.
  • Batasi asupan alkohol pada pedoman diet, yaitu tidak lebih dari 1 gelas sehari untuk wanita dan 2 gelas sehari untuk pria.
  • Batasi makanan yang tinggi gula atau gula tambahan.(***)

Pos terkait